Dapatkan Bola Futsal Berkualitas dengan Tips Berikut Ini!

Para pria yang suka dengan sepak bola juga hampir bisa dipastikan suka dengan olahraga futsal. Ya, permainan ini cukup populer di kalangan para pria. Selain karena permainan ini terdiri dari lebih sedikit orang dibanding sepak bola, futsal juga biasanya dilakukan di dalam ruangan sehingga pemainnya tidak begitu kepayahan dan terlalu kepanasan. Selain sepatu, seragam dan semua perlengkapan diri, bola futsal juga penting untuk dipilih yang terbaik sehingga permainan bisa berjalan lebih menyenangkan.

Saat ini sudah banyak sekali merek bola untuk futsal ini. Perlu diketahui juga jika dalam permainan futsal, bola juga ada aturannya sendiri. Untuk memilih bola yang terbaik, maka beberapa tips berikut ini bisa Anda terapkan:

  • Perhatikan bahan dan ukuran

Untuk syarat dalam bahan bola umumnya menggunakan bahan kulit. Namun material yang lain pun bisa dipilih, asalkan tidak membuat cedera para pemainnya. Untuk yang umum digunakan sendiri justru bahan kulit sintetis karena diklaim lebih mudah diperoleh. Sedangkan untuk ukurannya, bola futsal yang original berbeda dengan ukuran para bola sepak dengan ukuran 4 dan bola sepak adalah 5. Anda bisa melihatnya dari penulisan keterangan di bola tersebut. Ketentuan berat bola juga harus sesuai aturan yaitu 0,4 kg sampai 0, 44 kg dengan diameter 62 cm sampai 64 cm.

  • Permukaan bola

Selanjutnya adalah terkait permukaan bolanya dimana menjadi hal yang juga tak kalah penting untuk dipertimbangkan. Permukaan pada bola untuk futsal biasanya dibuat dari Polyurethane, Polyvinyl Chloride, dan karet. Untuk bola yang ditambah dengan Polyvinyl Chloride, daya tahannya terkenal baik. Sedangkan untuk Polyurethane, kelebihannya ada pada kualitasnya yang baik lantaran ketahanan terhadap air dan untuk yang terbuat dari karet lebih cocok dipakai berlatih atau sekedar bermain bersama teman.

Cari tau perlengkapan futsal yang mesti anda pakai, baca selengkapnya di anekajerseybola.com

  • Tingkat keras bola

Permukaan bola juga bisa mempengaruhi tingkat kekerasannya yang tentunya akan memberikan efek dan pengaruh pada kenyamanan memainkannya. Bola yang dibuat dengan teknik jahitan umumnya akan lebih empuk dan menjadikannya lebih mudah ketika dikendalikan di lapangan.

  • Pantulan bola

Dalam bermain futsal, pantulan bola bisa menjadi penentu keberhasilan pemainnya untuk menggiring bola. Hal ini lantaran bisa jadi menentukan akurasi untuk umpan dan tembakannya hingga memberikan pengaruh pada kemudahan dalam kontrol laju bola. Cobalah pantulkan bola di ketinggian 1 hingga 2 meter dan bola yang baik adalah pantulannya mampu mencapai setidaknya 30 hingga 40 cm.

Itulah beberapa tips bagi Anda yang kini sedang mencari bola yang cocok untuk permainan futsal. Bola futsal berbeda dengan bola sepak sehingga Anda juga perlu mengenal kriteria yang sesuai dengan aturan serta cara memilihnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply