Gemar Melakukan Scuba Diving? Berikut Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan

Gemar Melakukan Scuba Diving? Berikut Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan

Hidup dengan tubuh yang sehat adalah keinginan setiap individu. Dengan tubuh yang sehat maka seseorang dapat melakukan aktivitas apa saja. Menjaga kesehatan sudah bagian dari kewajiban Anda yang dapat dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah olahraga. Olahraga sendiri juga terdiri dari berbagai macam jenis yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan Anda. Olahraga yang direkomendasikan bagi Anda yang ingin tetap bugar namun juga mendapatkan sensasi menyenangkan saat melakukannya adalah scuba diving. Olahraga semacam apakah itu? mari kita simak penjelasannya sebagai berikut.

Gemar Melakukan Scuba Diving? Berikut Berbagai Manfaatnya Bagi Kesehatan

Scuba Diving berasal dari 2 kata scuba dan diving. Scuba sendiri adalah singkatan dari self-contained underwater breathing apparatus. Olahraga ini pada mulanya menjadi rutinitas para angkatan laut Amerika yang saat ini mulai diminati oleh masyarakat umum.

Membakar Kalori Cukup Besar

Olahraga scuba diving yang dilakukan selama kurang lebih 30 menit mampu membakar 400 kalori. Hal ini disebabkan gerakan dan resistensi di dalam air. Namun Anda tetap perlu memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi khususnya kebutuhan air yang cukup karena manfaat olahraga ini bergantung pada arus air, intensitas menyelam dan berat badan Anda.

Melatih Seluruh Otot Tubuh

Olahraga diving adalah salah satu olahraga yang menyehatkan juga menyenangkan, tidak terkecuali scuba diving. Olahraga jenis ini akan memberikan gerak yang menyeluruh pada semua otot Anda karena melawan arus air. Berdasarkan pakar kebugaran Womens Health dan Kelly Rockwood menyatakan bahwa seorang penyelam pada umumnya tidak menyadari bahwa aktivitas yang sedang dilakukan tergolong aktivitas fisik yang cukup berat. Mengapa demikian?

Olahraga yang cukup berat ini mungkin terasa ringan dengan ruang gerak yang tidak terbatas namun tanpa disadari justru membuat semua otot tubuh bekerja lebih keras karena bergerak melawan resistensi air. Setelah melakukan olahraga tersebut, badan Anda akan terasa sangat letih khususnya jika Anda membawa tabung oksigen seberat 30 hingga 40 kg serta peralatan lain. Hal inilah yang menyebabkan otot badan terbentuk tanpa mengeluarkan keringat seperti olahraga pada umumnya.

Penghilang Stres

Manfaat selanjutnya dari olahraga menyelam adalah dapat menghilangkan stres. Hal ini dikarenakan saat olahraga ini dilakukan hormon endorfin akan keluar kemudian melakukan pernapasan dalam serta melihat keindahan biota laut yang membuat rasa senang dan tenang muncul

Pernapasan Semakin Terlatih

Pada saat Anda melakukan scuba diving, sangat disarankan untuk menggunakan pernapasan dalam atau napas perut. Hal ini diungkapkan oleh salah satu penelitian yang melarang keras untuk menahan napas saat menyelam. Menahan napas akan meningkatkan risiko cidera pada paru-paru. Selain itu, Harvard Medical School menambahkan jika penyelam yang menggunakan pernapasan perut akan meningkatkan kinerja paru-paru sehingga sistem pernapasan semakin kuat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply