Gerakan Olahraga Ibu Hamil yang Direkomendasikan untuk Mempermudah Persalinan Normal

Gerakan Olahraga Ibu Hamil yang Direkomendasikan untuk Mempermudah Persalinan Normal

Olahraga merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap orang untuk meningkatkan kesehatan, kesegaran dan stamina yang tetap baik. Terlebih lagi untuk para ibu hamil yang ingin menjalankan proses persalinan secara normal pasti perlu sekali melakukan olahraga. Tetapi tentunya tidak bisa sembarangan karena ada olahraga ibu hamil yang khusus sehingga aman untuk calon janin dan juga ibu. Tetapi terkadang kondisi perut yang semakin besar membuat para ibu hamil susah sekali untuk bergerak, makanya pilih olahraga yang ringan tetapi bermanfaat banyak.

Gerakan Olahraga Ibu Hamil yang Direkomendasikan untuk Mempermudah Persalinan Normal 

Dijaman modern seperti sekarang ini mencari tempat khusus untuk melatih olahraga bagi para ibu hamil tidaklah sulit. Tetapi terkadang susah jika harus keluar rumah untuk sekedar senam, padahal ada juga gerakan sederhana yang dilakukan sendiri tanpa harus pergi ke tempat latihan. Berikut ini ada beberapa model gerakan yang aman dan simpel sekali yaitu:

  • Jongkok berdiri.

Jenis gerakan pertama adalah dilakukan dengan jongkok lalu berdiri, ini dilakukan secara berulang sampai dengan batas maksimal. Ini termasuk dalam jenis olahraga yang aman untuk para bunda, apalagi usia kehamilan yang sudah mulai tua. Lakukan gerakan satu ini mendekati waktu prediksi persalinan, kurang lebih 30 menit dalam sehari.

  • Berjalan kaki.

Sering melihat pasangan suami istri yang jalan dipagi hari dengan perut perempuan yang sudah membesar? Ya, itu merupakan salah satu usaha untuk mudah persalinan secara normal tanpa harus operasi. Ini termasuk olahraga ibu hamil yang sangat simpel sekali, kegiatan yang mudah ini ternyata dapat mendorong terjadinya kontraksi.

  • Mengangkat atau memiringkan panggul.

Olahraga yang tidak sulit berikutnya ini adalah mengangkat panggul dan dilakukan dengan posisi telentang dan kaki ditekuk membentuk siku. Lakukan olahraga satu ini selama kurang lebih 10 menit setiap harinya, bisa dibarengi dengan mendengarkan musik kegemaran ibu.

  • Duduk tegak.

Ketika perut yang sudah semakin besar dan mengalami kontraksi secara normal, Anda bisa mengurangi rasa sakit dengan cara duduk pada tempat tidur atau sofa yang mempunyai bahan empuk. Pastikan posisi yang diambil tegak, ini bisa membantu kondisi saat kelahiran semakin mudah dan lancar.

  • Posisi duduk tegak.

Peregangan otot pinggang, panggul dan juga paha bagian bawah bisa didapatkan dengan pergerakan satu ini. Biasa dikatakan sebagai posisi kupu-kupu, dimana ibu hamil cukup duduk bersila dengan menempelkan kedua telapak kaki.

Diatas adalah beberapa jenis kegiatan yang sangat direkomendasikan sekali untuk Anda yang masih berniatan melakukan lahiran secara normal. Jika dilihat secara langsung memang normal akan lebih menyakitkan tetapi banyak yang mengatakan penyembuhan akan lebih mudah dari pada operasi. Tidak ada salahnya Anda melakukan olahraga ibu hamil untuk memberikan stamina yang kuat dan juga memudahkan persalinan yang dilewati sampai dengan bertemu buah hati.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply