Gerakan Olahraga yang Sesuai untuk Ibu Hamil

Seorang ibu yang sedang hamil umumnya akan memiliki banyak pantangan yang diberikan oleh para orang tua jaman dahulu. Salah satu bentuk pantangan adalah tidak bolehnya melakukan banyak aktifitas fisik yang ditakutkan akan mengganggu kondisi kandungan. Namun sebenarnya ada aktifitas fisik yang justru dianjurkan oleh tenaga kesehatan yang dapat mempermudah proses persalinan. Aktifitas tersebut kini dijadikan gerakan olahraga dalam senam ibu hamil yang banyak diikuti oleh para ibu hamil dalam usia kehamilan menjelang persalinan.

Gerakan senam hamil bertujuan untuk mempersiapkan ibu dalam proses kelahiran. Gerakannya ditujukan untuk meregangkan otot rahim sehingga lebih siap ketika persalinan akan dilangsungkan. Selain itu diajarkan juga tehnik pernafasan yang baik dilakukan ketika terjadi pembukaan yang pastinya berpengaruh pada proses persalinannya nanti. Senam ibu hamil pastinya akan berbeda dari senam aerobik atau senam lainnya. Gerakannya lebih ringan dan santai yang disesuaikan dengan kondisi ibu yang sedang mengandung di usia kandungan tua.

Bagi Anda yang ingin mempraktekkan senam ibu hamil, berikut ini adalah gerakan olahraga yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah tanpa perlu adanya pengawasan dari instruktur senam

  1. Gerakan seperti kuda dengan lutut dan telapak tangan menyentuh lantai untuk menopang tubuh. kemudian lakukan gerakan duduk perlahan dengan menolak tubuh Anda ke belakang.
  2. Duduk dengan kedua kaki direnggangkan hingga membentuk sudut 100 derajat. Rentangkan tangan Anda ke atas dan sentuh tangan kanan Anda dengan tangan kiri kemudian lakukan sebaliknya.
  3. Jongkok dengan kaki atau lutut mengampit perut kemudian berdiri perlahan.
  4. Duduk bersila dengan tangan diayunkan di atas kepala.

Gerakan pada senam ibu hamil yang lebih spesifik untuk merenggangkan otot bagian bawah tubuh bisa Anda lakukan dengan lebih aman ketika mengikuti kelas senam ibu hamil. Dalam kelas senam ibu hamil, akan ada instruktur yang menjaga Anda dari kesalahan gerakan yang bisa menyakiti diri And atau janin. Akan diajarkan pula tehnik pernafasan yang baik agar Anda tidak kehabisan nafas saat mengejan di proses persalinan nanti.

Itulah beberapa gerakan olahraga yang bisa dilakukan oleh para ibu hamil dalam upaya menjaga kebugaran dan fasilitasnya demi menyambut proses kelahiran sang buah hati. Dengan tubuh yang bugar Anda akan lebih siap dalam menjalani proses kelahiran yang bisa memakan waktu berjam-jam. Dengan mengerti bagaimana cara mengantisipasi rasa sakit dan tehnik pernafasan yang baik diharapkan para ibu hamil akan bisa melahirkan dengan lebih mudah dan cepat sehingga tidak menimbulkan masalah kesehatan yang lainnya. Dengan senam hamil Anda juga bisa mencegah posisi bayi menjadi sungsang yang nantinya akan mempersulit proses melahirkan dan tak jarang menghasilkan proses kelahiran secara caesar.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply