Harga Sepatu Menjelang Lebaran Mengalami Kenaikan, Ini Penyebabnya

Harga Sepatu

Tahukah Anda mengapa setiap menjelang lebaran harga sepatu bisa naiknya? Nah, kali ini untuk menemukan jawabannya berikut ini ada di informasi tokoolahraga.com. Temukan jawabannya disini.

Moment hari raya Idul Fitri atau yang biasa disebut lebaran memang memberikan tradisi unik setahun sekali. Tradisi itu adalah pulang ke tempat kelahiran atau dimana kedua orang tua berada untuk bersilaturahmi dan saling meminta maaf. Libur massal yang memang diberikan pemerintah memberikan kesempatan banyak umat muslim untuk melakukan mudik lebaran bersama-sama. Selain tradisi mudik, ada juga tradisi lainnya yaitu berbelanja berbagai pakaian dan perlengkapan baru untuk keperluan silaturahmi tersebut. Hal ini menyebabkan berbagai harga kebutuhan melambung tinggi karena banyaknya permintaan pasar yang dilakukan secara serempak. Salah satu produk yang juga mengalami kenaikan adalah harga sepatu yang diprediksi bisa mencapai 3% hingga 10%.

Di tahun 2017 ini momen hari raya lebaran memang berdekatan dengan event tahunan lain yaitu libur kelas dan kenaikan kelas atau kelulusan. Hal ini pastinya akan berakibat pada meningkatnya permintaan sepatu baik itu sepatu sekolah maupun sepatu yang digunakan untuk bepergian di hari libur. Karena banyaknya permintaan pasar tersebut para produsen dan distributor memanfaatkan moment untuk menaikkan harga jual padahal menggunakan bahan dan cara produksi yang sama. Meski harga naik, tetap saja masih banyak pembelian terjadi karena memang sepatu di saat seperti liburan kenaikan dan hari raya dibutuhkan untuk menambah koleksi sepatu ataupun mengganti sepatu yang sudah usang dan tidak cukup lagi dengan ukuran kaki yang lebih besar.

Apa yang menjadi dasarnya kenaikan seperti sepatu?

Inilah jawaban penyebab harga sepatu juga mengalami kenaikan

Secara lebih detail, kenaikan harga sepatu di moment lebaran ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti:

•    Harga BBM yang baru saja mengalami kenaikan.
•    Tarif dasar listrik yang juga mengalami kenaikan.
•    Meningkatnya permintaan pasar yang mengakibatkan perlunya menambah jam produksi untuk memenuhinya.
•    Bahan baku yang digunakan mengalami peningkatan harga karena banyak dibutuhkan.
•    Biaya karyawan untuk lembur baik di toko atau pabrik.
•    Mengikuti trend atau memanfaatkan moment untuk kepentingan keuntungan yang lebih banyak.

Lebaran memang menjadikan semua harga produk mengalami kenaikan bahkan yang tidak ada hubungannya dengan BBM atau kebutuhan pangan dan sandang. Jika Anda melihat lebih seksama, berbagai penjualan jasa di hari raya lebaran pun mengalami peningkatan yang sangat signifikan. Hal ini dikarenakan di moment inilah para penjual memiliki kesempatan untuk menaikkan harga dagangannya apapun itu dengan dalih moment lebaran. Ketidakikutsertaan para karyawan dalam cuti bersama juga dihargai dengan uang lembur yang diambilkan dari harga penjualan yang telah dinaikkan.

Model Sepatu yang biasanya banyak dicari jelang lebaran

Kebutuhan sepatu di moment lebaran sendiri lebih banyak digunakan untuk bersilaturahmi dan moment tamasya bersama keluarga. Karenanya ada beberapa jenis sepatu yang banyak dicari menjelang lebaran yaitu:

• Sneakers.
• Sepatu wanita.
• Selop.

Baca juga dibawah ini:

  1. Tips jual sepatu bersama teman kerja

Sedangkan untuk anak sekolah, sepatu yang dibutuhkan pastilah sepatu sekolah berjenis sport atau semi boot.

Beberapa alasan tersebut di atas menjadikan harga sepatu menjelang lebaran dan liburan kenaikan kelas menjadi lebih tinggi dari biasanya. Semakin tinggi kenaikan harga BBM yang dibutuhkan untuk distribusinya, atau harga listrik untuk produksinya maka kenaikan harga produk sepatu dan yang lainnya juga akan lebih besar. namun sebenarnya jika Anda jeli mengamati pergerakan pasar, Anda bisa saja mengakalinya dengan cara membeli jauh-jauh hari sebelum moment puasa atau lebaran tiba. Sedangkan bagi Anda yang tidak begitu membutuhkan sepatu baru, maka menggunakan sepatu lama yang masih pantas pakai untuk kebutuhan lebaran pun tidak masalah karena lebaran bukanlah mengenai berbagai produk baru yang dikenakan melainkan kebersamaan di hari kemenangan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply