Hula Hoop Bisa Kecilkan Perut Buncit, Benarkah Demikian?

Hampir semua orang pastilah tahu hula hoop. Ya benda dengan bentuk lingkaran ini biasa dibuat dari rotan atau plastik. Benda ini banyak disukai oleh anak-anak dan terkadang guru di sekolah juga seringkali menyuruh siswa membawanya di saat jam pelajaran olahraga. Memang dapat diakui jika olahraga dengan benda ini cukup menyenangkan sehingga tak heran jika banyak yang menyukainya, termasuk juga orang dewasa. Banyak yang meyakini jika bermain dengan benda bulat ini akan bisa membantu dalam mengecilkan perut buncit. Namun benarkah demikian?

Olahraga dengan menggunakan hula hoop biasa disebut juga dengan hoop dancing. Perlu diketahui juga jika Michelle Obama juga mengandalkan hoop dancing ini untuk mendapatkan perut yang rata. Dengan permainan hoop dancing ini, maka pemain Anda akan bisa membakar 150 hingga 250 kalori dengan jangka waktu 30 menit. Meski terkesan olahraga ini santai, namun memang dikutip dari Women’s Health Indonesia bahwa permainan ini bisa membakar banyak kalori dalam waktu yang singkat saja.

Dengan adanya kabar tersebut, maka tak heran jika banyak sekali para wanita yang berlomba berolahraga hoop dancing ini. Namun sebelum melakukan hoop dancing, maka Anda juga perlu tahu fakta berikut ini:

  • Gerakan pada hoop dancing sudah terbukti mampu membakar kalori meski hanya waktu singkat saja. Tapi ada beberapa perbedaan terkait berapa banyak kalori yang bisa dibakar. Ada yang bisa membakar 150 hingga 250 kalori per 30 menit, dan ada juga yang membakar 110 kalori per 10 menit. Lumayan bukan?
  • Tak hanya ratakan perut saja, namun hoop dancing pun bisa membantu membentuk pinggang. Bahkan paha, kaki hingga dada dan bahu pun akan ikut kencang jika Anda olahraga ini.
  • Jika dihitung kembali, ternyata dengan hoop dancing ini Anda sama saja seperti olahraga berlari sejauh 1,6 kilometer per 10 menit hoop dancing.

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda juga perlu tahu tips melakukannya dengan benar berikut ini:

  • Pilihlah ukuran dan juga berat yang tepat mengingat benda bundar ini punya ragam jenis bahan dan ukuran. Sesuaikan diameternya dengan badan Anda sehingga akan nyaman ketika dipakai.
  • Lakukan latihan gerakan yang benar. Meski tak ada latihan yang khusus, namun Anda juga harus bisa berlatih dulu sehingga tidak terjadi cedera.
  • Jika Anda ingin dapatkan perut rata dan tubuh kencang, tentu tak hanya dilakukan sekali dua kali saja, namun juga harus rutin setiap harinya.
  • Tak hanya olahraga hula hoop saja yang bisa mempengaruhi diet Anda, namun juga pola makan sehat Anda yang juga jadi berpengaruh. Pastikan minum banyak air putih, makan makanan bergizi dan perbanyak buah dan sayur.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply