Ingin Bermain Badminton Lebih Baik, Lakukan 3 Hal Ini

Setelah Olimpic Rio 2016 berlalu dan Indonesia meraih emas di cabang olahraga badminton, sontak menambah deretan penggemar olahraga yang satu ini. Olahraga dengan menggunakan raket ini bisa dilakukan di mana saja baik indoor maupun outdoor. Selain itu, olahraga satu ini bisa dinikmati berbagai kalangan. Dari anak kecil sampai dewasa, dari yang muda hingga yang tua.

Untuk menjadi pemain bulu tangkis yang handal, tentunya harus memiliki tenik yang kuat, kaki yang tegap dan gerak refleks tangan yang cepat. Di atas itu, yang terpenting adalah strategi untuk menghadapi lawan. Tanpa di sadari, terkadang ada sikap Anda yang menganggap remeh lawan pemicu sikap tinggi hati. Akhirnya kita dibingungkan oleh opini semata akal manusia.

Anda ingin bermain bulu tangkis lebih baik, lakukan 3 hal ini:

  • Mengetahui dasar

Bermain apapun, tentunya diawali dari dasar. Termasuk dalam bermain badminton. Untuk melaju ke tahap berikutnya, Anda harus mengetahui teknik-teknik dasar bermain bulu tangkis. Contohnya dalam memukul kok. Anda harus memastikan memukul bagian tengah. Perhatikan bagian tengah raket agar pukulan tidak meleset.

Teknik setelah kok dilambungkan adalah pastikan agar anda selalu kembali ke tengah lapangan untuk menerima kembali serangan lawan apalagi jika permainan itu adalah di partai tunggal. Selain itu, gerak kaki juga harus cepat. Mata juga harus jeli melihat kok. Perpaduan antara kecepatan kaki dan kejelian penglihatan sangat membantu Anda di pertandingan. Jangan sungkan untuk melearkan kaki dan turunkan sedikit saat menunggu pukulan balik dari lawan. Perbanyaklah latihan short serve. Bermain di tunggal atau ganda, servis pendek berguna untuk mengecoh lawan. Tak ketinggalan untuk tetap latihan long serve.

Baca Juga: Ingin Pandai Bermain Tenis Meja? Pelajari Dulu Teknik Dasarnya

  • Pelajari kelemahan lawan

Ketika kita bertanding, sepantasnya kita tahu siapa yang menjadi lawan kita. Caranya bisa dengan mereview pertandingan yang pernah mereka helat. Mengetahui gaya permainan lawan sangat penting jika ingin memenangkan suatu pertandingan. Sebab ketika mempelajari teknik lawan, maka bisa terlihat beberapa kelemahan yang bisa dijadikan titik serang. Anda bisa melihat teknik apa yang dipakai? Apakah lawan lebih suka menjadi penyerang atau hanya bermain di zona aman alias bertahan? Lebih banyak bermain menggunakan forehand atau backhand? Dan masih banyak lagi yang bisa dipelajari dari lawan.

  • Menguasai Teknik Lanjutan

Setelah melakukan kedua cara di atas, cara terakhir adalah dengan menguasai teknik slice your net shorts, slice your drops shots, dan smash the shuttle yang bisa dipelajari secara berkala dan sabar.

Ketiga tahapan yang telah di paparkan di atas membutuhkan latihan khusus. Terkesan sulit namun bisa dikuasai dengan berlatih terus menerus

Be Sociable, Share!

Leave a Reply