Ingin Menjadi Pemain Sepak Bolah Profesional? Pahami Terlebih Dahulu Teknik Dasar Berikut

Ingin Menjadi Pemain Sepak Bolah Profesional? Pahami Terlebih Dahulu Teknik Dasar Berikut

Bagi Anda pecinta olahraga sepak bola, tentunya sudah tahu bahwa skill dan kemampuan lainnya seperti membuat sebuah strategi, fisik yang kuat dan lain sebagainya merupakan hal-hal yang paling mendasar dalam cabang olahraga yang sangat populer ini. Bagi siapa pun yang ingin bermain olahraga ini dengan baik, maka harus memahami lebih dulu mengenai teknik dasar permainannya dengan baik. Olahraga ini tak bisa jika hanya mengandalkan kecepatan dan kebugaran fisik saja tanpa mengetahui bagaimana teknik dasar permainannya. Beberapa teknik dasar permainan ini mungkin bisa Anda pelajari untuk membuat performa bermain menjadi lebih baik.

Ingin Menjadi Pemain Sepak Bolah Profesional? Pahami Terlebih Dahulu Teknik Dasar Berikut

Teknik dasar Menangkap Bola

Teknik dasar menangkap bola menjadi salah satu teknik yang tak boleh dilewatkan oleh seorang penjaga gawang. Tentu saja ketika bermain sepak bola, seorang kiper adalah pemain yang bertugas untuk menjaga gawangnya agar tidak kemasukan, sehingga seorang kiper harus memiliki keahlian dalam menangkap bola. Biasanya dalam latihan teknik dasar menangkap bola, tendangan penalti pun juga menjadi latihan umum.

Teknik dasar Menyundul Bola

Latihan teknik dasar heading atau menyundul bola bisanya bertujuan untuk mengoper, membuang bola serta mematahkan serangan dari tim lawan hingga mencetak gol. Biasanya dalam latihan dasar, pemain akan mempelajari teknik ini dengan menggunakan dahi. Posisi tubuh pemain pada saat menyundul bola bisa berada dalam posisi melompat atau berdiri. Hal yang harus disadari adalah pemain harus menyundul bola pada saat bola mengarah kepadanya. Penyundulan harus dilakukan menggunakan dahi bukan ubun-ubun.

Teknik dasar Lemparan ke Dalam

Teknik dasar yang satu ini biasa dilakukan saat bola keluar dari lapangan saat pertandingan sedang berlangsung dan dilakukan melalui area sisi lapangan sepak bola. Biasanya ketika pemain melakukan lemparan, itu artinya pertandingan bisa dilanjutkan kembali. Pemain yang boleh melakukan lemparan ke dalam adalah pemain dari tim yang tak menyentuh bola terakhir ketika bola keluar. Cara untuk melakukan lemparan bola ke dalam yaitu menggunakan kedua tangan dan harus melewati atas kepala. Kedua kaki bisa menjinjit untuk melemparkan bola.

Teknik dasar Menyapu Bola

Sebutan lain untuk teknik yang satu ini adalah sliding tackle. Gerakan untuk merebut bola ini memang cukup berbahaya dan berisiko. Anda perlu mempelajari gerakan menjatuhkan badan ke rumput lalu meluncur untuk mempelajari teknik ini. Waktu dan timingnya juga harus tepat ketika melakukan teknik ini agar tidak berbuah pelanggaran. Biasanya jenis tackle yang dilarang untuk dilakukan adalah tackle mengangkat kaki ke atas, tackle dengan menggunakan teknik menggunting dan tackle yang dilakukan untuk mencederai lawan.

Teknik dasar Merebut Bola

Teknik ini merupakan gerakan yang dilakukan untuk merebut bola yang digiring oleh kaki pemain lawan. Anda harus pintar membaca gerakan lawan ketika ingin melakukan teknik ini. Ketika Anda bisa memahami trik gerakan tanpa bola, maka hal ini bisa diaplikasikan pada saat Anda ingin merebut bola. Biasanya hal yang paling mudah dilakukan dalam teknik ini adalah long pass.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply