Ingin Pandai Bermain Tenis Meja? Pelajari Dulu Teknik Dasarnya

Penyuka olahraga tentu Anda tahu jenis olah raga cabang tenis meja. Tenis meja atau ping pong adalah suatu olahraga raket yang dimainkan oleh dua orang atau dua pasangan yang berlawanan. Permainan ini menggunakan raket yang dibuat dari papan kayu yang dilapisi karet yang biasa disebut bet.

Di berbagai cabang olahraga, tentunya mereka mempunyai teknik-teknik tersendiri agar kita semakin lihai di lapangan.  Selain itu, penerapan teknik dasar di setiap cabang olahraga dengan efektif dan efesien bukan hal yang aneh jika kemenangan selalu ada di tangan Anda.

Nah, ingin pandai bermain tenis meja? Pelajari dulu teknik dasar tenis meja, berikut ini:

  1. Push. Adalah pukulan backspin pasif yang biasanya digunakan untuk menghadapi servis backspin atau serangan yang tidak menyenangkan baik untuk alasan taktik maupun push merupakan cara yang lebih konsisten untuk mengembalikan bola yang dipukul dengan teknik backspin.
  2. Chop. Kebanyakan pemain menggunakan chop (chopper) mundur sekitar 2-5 meter dari lapangan permainan dengan mengembalikan bola rendah menggunakan backspin.
  3. Drive. Pukulan forehand drive adalah pukulan yang paling kuat karena dihalangi oleh tubuh kita saat melakukan pukulan dan tidak seperti backhand. Otot yang digunakan pun lebih maksimal.
  4. Topspin. Top spin dilakukan dengan memukul bagian belakang bola dengan pukulan mengarah ke atas. Apabila pemain memukul bola yang menyebabkan setengah bagian bola berputar menjauh dari pemain maka pemain tersebut sudah menggunakan teknik topspin dengan sempurna.
  5. Lob. Loobing merupakan pukulan bertahan secara total yang digunakan untuk menghadapi smash. Lob yang baik pada dasarnya adalah lob yang tinggi dapat setinggi 2-4 meter atau lebih di udara.
  6. Gerakan langkah kaki (footwork).

Baca Juga: Sepak Terjang Yayuk Basuki Sebagai Pemain Tenis Terbaik Indonesia

Footwork dalam tenis meja dibedakan untuk nomor tunggal dan nomor ganda. Jika dilihat dari banyaknya langkah footwork untuk tunggal dapat dibedakan satu langkah, dua langkah dan tiga langkah atau arah pergerakannya bisa ke depan, belakang, samping kiri atau samping kanan atau diagonal.

  1. Sikap dasar. Ada 3 sikap dasar yaitu a). square stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja. Biasanya digunakan ketika menerima servis dari lawan atau posisi siap kembali setelah menerima pukulan dari lawan; b). side stance adalah posisi badan menyamping baik ke sampingkanan atau kiri. Pada side stance, jarak antara bahu ke meja atau ke net harus ada yang lebih dekat; c). open stance adalah modifikasi dari side stance. Stance ini hanya digunakan untuk backhand block, kaki kiri agak terbuka keluar dan agak ke depan.
  2. Servis. Dibagi dua yaitu servis backhand dan servis forehand.

Teknik ini hanya sekedar teknik. Latihan adalah kunci utama agar permainan lebih meningkat dan meningkat lagi.

Be Sociable, Share!

One thought on “Ingin Pandai Bermain Tenis Meja? Pelajari Dulu Teknik Dasarnya

Leave a Reply