ini Dia 5 Olahraga Tradisional yang Mungkin Bisa Anda Coba

ini Dia 5 Olahraga Tradisional yang Mungkin Bisa Anda Coba

Bicara tentang olahraga, timbul sebuah pertanyaan, kapan terakhir Anda berolahraga? Kemarin? Tiga hari yang lalu? Sebulan yang lalu? Atau mungkin sudah lama sekali absen berolahraga? Memang tak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi yang ada saat ini membuat kebanyakan orang semakin lupa untuk berolahraga karena begitu enggan untuk meninggalkan layar smartphonenya. Namun tidak ada salahnya, Anda mulai menyisihkan waktu untuk berolahraga. Sebab, untuk berolahraga nyatanya tak perlu mahal dan repot. Salah satu contoh olahraga yang tidak repot untuk dilakukan adalah olahraga tradisional. Mungkin Anda bisa mencoba beberapa olahraga tradisional berikut ini untuk membangkitkan semangat berolahraga Anda. Berikut ulasannya untuk Anda.

ini Dia 5 Olahraga Tradisional yang Mungkin Bisa Anda Coba

  • Bakiak

Olahraga tradisional yang satu ini berasal dari Sumatera Barat dan juga mirip dengan olahraga tarik tambang karena membutuhkan kerjasama dan kekompakan tim yang baik. Hanya saja yang membuat beda adalah Anda tak perlu mengeluarkan banyak tenaga ketika memainkan olahraga ini. Bakiak adalah olahraga yang mempertandingkan beberapa tim dan biasanya tim tersebut terdiri dari beberapa peserta, dalam olahraga ini tim tersebut harus berjalan bersama dengan menggunakan sandal raksasa dari garis start hingga garis finish. Hal yang paling penting dalam permainan ini adalah kekompakan pada saat melangkah. Apabila ingin mencapai garis finish duluan, maka tim Anda harus kompak pada saat melangkahkan kaki bersamaan.

  • Galah Asin

Galah asin menjadi salah satu olahraga tradisional yang kini keberadaannya mulai lenyap di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal dulunya, olahraga ini menjadi salah satu olahraga favoritnya anak-anak kecil. Biasanya olahraga ini dimainkan di lapangan yang berukuran 9 x 4 meter dan mempertandingkan dua tim yang biasanya berisikan antara 5 sampai 7 orang. Tim yang memenangkan pertandingan adalah tim yang semua anggotanya dapat melewati hadangan dari semua lawan.

  • Phantol

Olahraga tradisional berasal dari Rembang, Jawa Timur. Olahraga ini mirip dengan pencak silat tetapi teknik yang digunakan sejatinya sangat berbeda. Phantol lebih mengarah ke olahraga gulat tradisional dan mulai dimainkan sejak masa kerajaan Majapahit. Pertandingan phantol biasanya akan banyak digelar pada saat akhir bulan saat bulan purnama dan biasa dimainkan dekat pantai.

  • Zawo-zawo

Olahraga tradisional Zawo-zawo menjadi salah satu olahraga yang berasal dari Kepulauan Nias, Sumatera Utara. Uniknya, Anda hanya bisa menyaksikan olahraga ini di kepulauan Nias saja. Jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia, zawo-zawo diartikan sebagai lompat batu. Unsur tradisional olahraga ini masih sangat kental karena menjadi identitas bangsa dan pernah dijadikan gambar pada salah satu pecahan mata uang rupiah.

  • Geudeu-geudeu

Olahraga ini berasal dari Aceh, tepatnya Kabupaten Pidie. Olahraga ini mirip dengan panthol hanya yang membedakan adalah mempertandingkan dua tim yang beranggotakan 3 orang pada masing-masing tim.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply