Ini Dia Aliran dan Perguruan Pencak Silat yang Paling Terkenal di Indonesia

Apa yang akan muncul dalam pikiran Anda ketika menyebut nama Iko Uwais?. Pasti salah satu jawabannya adalah seorang pesilat dengan jurus-jurus yang mematikan seperti yang diperagakan dalam filmnya yang sangat terkenal. Iko Uwais memang merupakan salah seorang aktor yang menguasai ilmu pencak silat dan turut membawa ilmu beladiri asli Indonesia tersebut dikenal di seluruh dunia. Bagi Anda yang ingin mempelajari mengenai beladiri ini sendiri bisa untuk memilih aliran dan perguruan yang ada di Indonesia. Beberapa aliran dan perguruan ilmu beladiri dengan tangan kosong yang terkenal di Indonesia dan bisa dijadikan pilihan tepat adalah sebagai berikut.

  • Persaudaraan Setia Hati Terate

Merupakan perguruan pertama yang merupakan perguruan dan aliran besar di Indonesia. Untuk dapat bergabung dengan kelompok ini tentunya tidak mudah dimana Anda harus untuk mengikuti dulu pelatihan dasarnya dengan level kemampuan dengan perbedaan warna sabuk layaknya pada taekwondo ataupun karate. Pada tahap pelatihan tersebut Anda baru bisa disebut sebagai siswa atau calon saudara dan baru akan bergabung menjadi saudara apabila telah melewati semua tahap dasar tersebut dan mendapatkan pengesahan. Persaudaraan Setia Hati Terate ini mempunyai setidaknya 3 tingkatan sehingga akhirnya menjadi bagian dalam keluarga besar tim silat tersebut. Dimana nantinya akan diajarkan 36 jurus silat warisan dari pendiri klub tersebut.

  • Silat Nasional Perisai Diri

Adalah kelompok pencak silat kedua yang bisa diikuti oleh masyarakat yang tertarik dengan ilmu beladiri tersebut. Perguruan ini awalnya didirikan oleh Pak Dirdjo yang malang melintang dalam dunia ilmu beladiri dan mengikuti banyak perguruan lain sebelumnya. Pengikut dari perguruan ini sendiri ada banyak sekali jumlahnya dan tersebar dari Australian hingga Amerika Serikat dan mempunyai 156 aliran silat. Kelompok ini menggabungkan banyak teknik dari berbagai aliran seperti teknik Minangkabau, Bawean, Betawen, dan masih banyak lainnya.

  • Pencak Organisasi

Merupakan kelompok lainnya yang bisa dipilih ketika akan belajar ilmu silat. Kelompok ini sudah ada dari tahun 1927 dengan imam besarnya yaitu Imam Suja’i. Jurus yang dipunyai oleh kelompok ini ada banyak yang memodifikasi jurus silat dari kelompok yang pertama sehingga banyak yang sama tetapi berbeda dan telah dikembangkan.

  • Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Adalah kelompok pencak silat tersohor lainnya yang ada di Indonesia dan berdiri di Kauman pada 1963. Kelompok ini didirikan oleh H.Djarnawi Hadikusumo yang mempunyai dukungan dan menjadi wadah silaturahmi untuk penganut Muhammadiyah. Kelompok silat yang satu ini sendiri mempunyai setidaknya 8 jurus yang diajarkan untuk para pengikutnya dari jurus katan, jurus mawar, jurus lembu, jurus merpati, jurus naga, jurus rajawali, jurus ikan terbang, dan juga jurus harimau.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply