Ini Dia Beberapa Teknik Olahraga Memanah yang Harus Anda Ketahui

Ini Dia Beberapa Teknik Olahraga Memanah yang Harus Anda Ketahui

Panahan adalah suatu kegiatan menggunakan busur panah untuk menembakkan anak panah. Atlet panahan Indonesia yang pernah meraih perak adalah Nurfitriyana Saiman, Lilies Handayani dan Kusuma Wardhani dibawah bimbingan atlet panahan senior Donald Pandiangan. Olahraga memanah berkembang pesat di Asia yaitu Asia Timur, Goguryeo, satu dari Tiga Kerajaan Korea terkenal dengan resimennya sangat berbakat dalam memanah. Olahraga ini mudah dipelajari oleh siapapun dan beberapa tempat latihan memanah sudah tersebar di kota-kota besar.

 

Berikut adalah beberapa teknik memanah diantaranya:

  • Sikap berdiri, yaitu square stance yaitu kaki pemanah dalam kondisi terbuka dan lebarnya sama dengan lebar bahu dan teknik ini akan membantu pemanah lebih gampang untuk proses pengukuran garis lurus dan targetnya, open stance yaitu posisi kaki dengan sudut 450 derajat dengan garis tembak, oblique stand yaitu kaki sejajar dan posisi yang lurus namun lebih miring ke arah jam 3, dan close stance yaitu kaki berdiri tertutup dan membentuk sudut 450 derajat dan kaki kiri harus ada pada bagian depan sedikit serong ke kanan.
  • Memasang ekor panas dengan memastikan supaya bulu indeks pada bagian ekor menjauhi bagian sisi jendela busur, pastikan ekor panah masuk secara tepat ke tali dan pastikan anak panah memang pas di nock.

Saat olahraga memanah maka diperlukan juga teknik memegang lengan busur. Awalnya dengan meletakkan tali busur pada ruas jari pertama, memberi tekanan pada handle busur dan tekanan pada titik V yang ibu jari dan jari telunjuk bentuk lengan sedang memegang busur. Teknik hooking dan gripping supaya tembakan tidak meleset dengan mengaitkan jari di tali sesudah anak panah sudah dipasang secara benar.

Berikut adalah manfaat dari olahraga panahan diantaranya:

  • Melatih daya fokus, karena pikiran harus sesuai dengan gerak tangan dan fokus terhadap pikiran emosi dan gerak psychomotoric.
  • Membentuk tubuh agar ideal, gerakan tangan pada olahraga akan membentuk tubuh dan sebelumnya melakukan pemanasan dengan beberapa gerakan.
  • Meningkatkan rasa percaya diri, karena olahraga ini membantu kepercayaan diri yang kuat dan sangat tampak.
  • Menambah ketenangan, karena olahraga ini membuat pemanah harus tetap berdiri kuat dalam kondisi apapun.
  • Menambah keberanian, keberanian untuk mencoba, mencoba untuk memanah sasaran walaupun belum tentu dapat memanah dengan tepat.

Selain itu juga, olahraga memanah membuat jantung sehat dan melenturkan otot-otot tangan jika dilakukan secara rutin. Dapat juga menambah kecerdasan karena olahraga ini membuat pemanah harus berpikir lebih terutama untuk dapat membuat tembakan tepat sasaran. Dapat juga menambah daya tangkap yang cepat, melatih kesabaran, melatih konsentrasi, menambah daya tahan tubuh, melatih keseimbangan, melatih emosi, melatih berpikir positif dan mengeluarkan racun adalah manfaat dari olahraga ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply