Ini Dia Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

Saat sedang hamil, Anda harus menjaga pola makan Anda. Karena jika Anda tidak menjaga pola makan sehat Anda. tentu akan mengganggu kehamilan Anda. Pilihlah makanan sehat yang tepat.  Wanita hamil sebenarnya harus mencukupi segala macam nutrisi yang  bisa di dapatkan dari berbagai jenis makanan yang Anda temui setiap harinya.

Berikut ini adalah beberapa kelompok makanan sehat untu ibu hamil.

  • Sayuran dan buah-buahan

Kita semua tahu kalau sayur-sayuran dan buah-buahan adalah makanan yang kaya akan vitamin dan serat. Para ahli kesehatan juga menyarankan agar ibu-ibu hamil banyak mengonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.  Seperti di bawah ini, sayur-sayuran dan buah-buahan yang layak dikonsumsi ibu-ibu hamil. Sesuai saran para ahli.

   Avokad, 1 buah ukuran sedang. Kaya dengan asam folat, vitamin C, vitamin B6, potasium, dan serat. Avokad juga kaya dengan asam lemak tidak jenuh tunggal yang dibutuhkan untuk pembentukan sel saraf, mata, dan otak bayi.

   Brokoli, 100 gram atau satu gelas. Mengandung asam folat dan kalsium yang berguna untuk perkembangan tulang.

   Kacang merah, 200 gram atau satu sendok makan. Kaya dengan zat besi, antioksidan, protein, dan bermanfaat untuk perkembangan kognitif bayi.

   Pisang, 1 buah ukuran sedang. Mengandung potasium dan vitamin B6 yang dibutuhkan untuk kelancaran metabolisme tubuh.

Baca Juga: Makanan Sehat untuk Ibu Menyusui

   Kacang edamame, sebanyak 2,5 sendok makan. Dapat dikonsumsi sebagai camilan yang kaya dengan asam folat, zat besi, protein, kalsium, vitamin A dan B.

   Apel, 1 buah. Kaya dengan vitamin C dan serat yang dapat mencegah sembelit dan membantu menurunkan tingkat kolesterol.

   Wortel, 2 buah. Kaya dengan vitamin A untuk pembentukan mata dan tulang bayi.

  • Ikan,  telur dan daging tanpa lemak

Berikutnya makanan sehat yang cocok untuk ibu hamil Adalah daging tanpa lemak, telur dan ikan. Makanan-makanan tersebut mempunyai protein yang kaya. Bagus untuk pertumbuhan bayi Anda. pada masa-masa awal kehamilan Anda. Sesuai saran para ahli, sebagai berikut.

   Daging ayam, 1 potong, tanpa kulit, terutama pada bagian dada yang rendah lemak dan kolesterol. Berperan penting dalam pembentukan janin, otot, dan kelancaran metabolisme tubuh.

   Daging sapi, 35 gram atau 1 potong. Kaya dengan kandungan protein untuk pembentukan struktur tulang, sistem kekebalan tubuh, dan mengurangi risiko bayi mengalami kelahiran prematur.

   Telur, 1 butir. Kaya dengan protein, lemak, kolin, dan omega 3 yang penting untuk  perkembangan sel-sel otak dan penglihatan bayi.

   Tuna, 3 potong atau 300 gram perminggu. Kaya omega 3 yang penting untuk pembentukan otak janin.

   Salmon, 40 gram atau 1 potong. Selain omega 3, ikan salmon juga mengandung DHA yang penting untuk perkembangan otak janin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply