Ini Dia Manfaat Olahraga Secara Rutin Bagi Kehidupan

Olahraga adalah kegiatan mengolah tubuh dengan tujuan tertentu misalnya kesehatan, kecantikan, hiburan dan sebagainya. Jenis-jenis olahragalah yang membedakan manfaat dari olahraga pada manusia. Berbeda jenis olahraga yang dilakukan, berbeda pula manfaatnya untuk tubuh. Meski begitu semua jenis olahraga bisa dikatakan membawa manfaat yang baik bagi manusia. Namun tak semua manusia mau melakukan olahraga secara rutin karena belum mengerti sepenuhnya manfaat olahraga ini.

Ada macam-macam manfaat dari olahraga yang bisa dibedakan dari jenis manfaatnya yaitu:

  • Manfaat kesehatan.

Berolah raga dengan mengolah tubuh menjadi gerakan tertentu memberikan manfaat yang besar bagi kesehatan pelakunya. Misalnya olahraga lari yang mengakibatkan otot kaki berlari dengan ritme tertentu dan kecepatan tertentu. Dengan begitu olahraga lari bermanfaat untuk kesehatan jantung dan peredaran darah. Contoh lain adalah olahraga push-up, olah raga ini melatih otot lengan dengan membakar lemaknya dan membentuknya jadi otot. Dengan begitu lemak jahat akan hilang sehingga menjauhkan diri dari penyakit.

Baca Juga: Beragam Manfaat Olahraga Ringan Bagi Lansia

  • Manfaat kecantikan.

Manfaat kecantikan merupakan manfaat olahraga yang saat ini paling banyak dicari. Contoh olahraga yang bisa memberikan manfaat ini adalah senam aerobik yang dilakukan banyak wanita untuk membakar lemak tubuh dan memberikan berat badan ideal. Olahraga renang juga bisa menjadikan tinggi tubuh ideal dengan berat badan yang ramping. Sit-up dan angkat beban juga bisa digunakan untuk melatih otot perut dan lengan sehingga menjadi seperti yang diinginkan.

  • Manfaat hiburan atau permainan.

Ada jenis olahraga yang dibuat menjadi permainan seperti sepak bola, futsal, voli, basket dan sebagainya. Jenis olahraga ini lebih banyak disukai karena bisa memberikan manfaat sebagai hiburan bersama dengan teman-teman atau keluarga. Selain memberikan manfaat kesehatan, permainan olahraga juga memberikan manfaat hiburan, mengajarkan sportifitas dan melatih kebersamaan antar pelakunya.

Lalu bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda rajin berolah raga? Jika belum maka sudah saatnya Anda untuk meluangkan sedikit waktu demi mendapatkan manfaat dari berolahraga seperti yang disebutkan di atas. Olahraga tak perlu dilakukan dengan cara membayar keanggotaan gym yang mahal, atau mengikuti senam dengan membayar instruktur. Olahraga juga bisa dilakukan dengan hal-hal kecil misalnya sit-up atau push up di rumah.

Dengan semakin banyak orang yang mengetahui manfaat olahraga diharapkan semakin banyak orang yang melakukan olahraga secara rutin. Dengan begitu diharapkan taraf kesehatan manusia menjadi lebih baik karena memiliki organ yang telah dilatih secara rutin. Olahraga juga membuat tubuh memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih baik sehingga lebih efektif untuk melawan bibit penyakit. Namun bukan hanya berolahraga saja yang diperlukan tetapi juga kontrol terhadap makanan sehari-hari dan gaya hidup untuk semakin menunjang upaya meningkatkan kesehatan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply