Ini Dia Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Beragam Manfaatnya

Ini Dia Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Beragam Manfaatnya

Bola voli adalah permainan olahraga yang dimainkan oleh dua grup berlawanan dengan masing-masing memiliki enam orang pemain. Voli memiliki organisasi resmi di Indonesia yaitu PBVSI dan dunia dinaungi FIVB. Saat bermain voli maka lapangan permainan menggunakan ukuran 9×18 meter dengan garis batas serang untuk pemain berjarak 3 meter dari garis tengah. Dibutuhkan juga bola dengan lingkaran 65 hingga 67cm dengan berat 260 hingga 280 gram dan memiliki ukuran tinggi net 2,43 meter untuk putra dan net putri 2,24 meter.

Ini Dia Teknik Dasar Permainan Bola Voli dan Beragam Manfaatnya 

Berikut adalah teknik dasar permainan voli diantaranya: 

  • Teknik servis, yaitu teknik servis bawah yaitu dengan pegangan bola dengan tangan kiri sejajar dengan pinggang dan badan sedikit membungkuk dan ayunkan tangan kanan untuk memukul bola, teknik servis mengapung yaitu berdiri menghadap lapangan dengan posisi kedua kali sejajar dan lambungkan bola keatas dan pukul pada bagian tengah, overhand around house service dengan menggenggam bola didepan badan dengan tangan kiri dan lempar bola keatas lalu pukul dengan ayunan melingkar, dan jumping servis yaitu memegang bola pada kedua tangan dan melambungannya dan tekuk lutut lalu pukul bola.
  • Teknik blocking, dengan berdiri dekat net lalu lutut ditekuk bersiap untuk melompat dengan tangan didepan dada untuk menghalau bola dan lompatlah setinggi mungkin dan mendaratlah dengan kaki sedikit mengeper

Selain itu ada juga teknik smash dalam bola voli dengan melakukan awalan dengan bagian kaki sedikit lebar, meloncat setinggi mungkin, pukul bola kearah lawan dan mendaratlah dengan sedikit mengeper. Terdapat beberapa umpan smash diantaranya open smash, semi smgas, quick smash dan push smash. Teknik ini juga dibagi 3 menurut kurva bola yaitu drive smash, top spin smash dan lob smash.

Berikut adalah manfaat dari permainan voli diantaranya:

  •  Meningkatkan stamina, karena permainan ini membutuhkan stamina yang diperlukan untuk aktifitas lainnya.
  • Mengurangi kecemasan, masalah pikiran akan berkurang jika melakukan olahraga sehingga tidak hanya untuk kesehatan fisik.
  • Mencegah osteoporosis, gerakan pada voli membuat tulang menjadi banyak gerak dan mengatasi masalah tulang.
  • Membakar lemak, olahraga ini menguras tenaga dan membuat lemak yang menumpuk pada tubuh dibakar.
  • Memperlancar metabolisme, olahraga rutin akan berpengaruh pada kesehatan dan jika tidak lancar akan sangat berpengaruh.

Selain diatas, mampu memperbaiki kinerja otot dan syaraf dengan gerakan yang cepat untuk mendapatkan bola dan memukul bola ke arah lawan. Dengan permainan ini yang menuntut konsentrasi pada pergerakan bola maka akan terus memperbaiki konsentrasi menjadi lebih baik. Dapat juga membentuk tubuh dengan olahraga rutin pada otot-otot tubuh dan membuat badan memiliki proporsi ideal. Sebagai pemain bola voli maka perlu juga menghindari kesalahan yang sering terjadi selama permainan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply