Inikah Alasan Jersey Timnas Jepang Dihiasi Gambar Tsubasa?

Inikah Alasan Jersey Timnas Jepang Dihiasi Gambar Tsubasa?

Jersey timnas terbaru milik Jepang berhiaskan Kapten Tsubasa. Kehadirannya mencuri perhatian meskipun tidak akan dipakai oleh para pemain di Piala Dunia 2018. Dengan warna biru dan tiga garis di bahu serta garis putus-putus pada bagian depannya. Sebenarnya jersey tersebut sama dengan yang akan dipakai timnas Jepang di Piala Dunia 2018. Adidas merilis jersey timnas ini secara resmi dalam edisi Adidas Japan 2018 World Cup Captain Tsubasa.

Inikah Alasan Jersey Timnas Jepang Dihiasi Gambar Tsubasa?

Menggeser kepopuleran Bisbol di Jepang

Sebelumnya, olahraga yang populer di Jepang adalah bisbol, namun kini sepakbola menggeser posisi tersebut. Ternyata meroketnya popularitas sepak bola di Jepang juga dipelopori pengarang manga sepak bola fenomenal berjudul Captain Tsubasa, sosok Yoichi Takahashi, pria kelahiran Katsushita, Tokyo, pada 28 Juli 1960.

Saat Takahashi mulai menggambar kisah Tsubasa Pada 1980 hanya sekitar 4 persen warga Jepang yang mengenal sepak bola. Bahkan banyak orang yang tak tahu bagaimana memainkan sepak bola terlebih mengenai peraturannya. Awalnya Takahasihi sendiri juga lebih menggemari olahraga bisbol.

Menciptakan Boom Soccer di Jepang

Serial Komik Captain Tsubasa bercerita tentang perjalanan anak bernama Tsubasa Oozora dalam mewujudkan impian besar dalam sepak bola. Tokoh tersebut digambarkan sebagai soccer no moshigo atau “anak sepak bola yang dikirim dari surga”. Selama perjalanan meraihnya, Tsubasa juga dikisahkan bertemu dengan pemain sepak bola hebat seperti Kojiro Hyuga, Ken Wakashimasu, Jun Misugi, Genzo Wakabayashi. Bahkan juga bermain untuk Sao Paulo dan tak ketinggalan pula dengan tim Barcelona.

Sambutan positif diperoleh Serial Kapten Tsubasa. Animasi visual yang ditayangkan pada 1983 berhasil menciptakan soccer boom di Jepang. Di titik itulah, semakin banyak anak-anak Jepang yang tertarik dengan olahraga sepakbola dan berlanjut memainkan olahraga tersebut. Seiring berjalannya waktu muncullah talenta pemain muda sepak bola. Hal tersebut membuat otoritas sepak bola Jepang otomatis dimudahkan dalam melaksanakan program pembinaan. Jepang memang terkenal dengan kedisiplinan dan keseriusannya dalam mengerjakan banyak hal sehingga kompetisi sepakbola yang sangat disegani di Asia, yakni J-League berhasil dibangun.

Mempunyai Andil Dalam Karakter Permainan Pesepak Bola Jepang

Karakter permainan pesepak bola Jepang disebut juga tak lepas dari andil Tsubasa. Tsubasa digambarkan Takashi sebagai pemain di posisi gelandang serang seperti Diego Maradona. Peran tersebut dinapak-tilasi oleh beberapa pesepak bola Jepang yang pernah menjadi bagian dalam club dunia seperti Hidetoshi Nakata (peraih titel Serie A bersama AS Roma), Keisuke Honda (pernah di AC Milan), Shinji Kagawa (Man. United dan kembali lagi pada Dortmund), Makoto Hasebe (Eintracht Frankfurt). Bahkan ada pula yang berhasil menjadi pemain terbaik FIFA di timnas perempuan yakni Homare Sawa.

Tak hanya di Jepang, kisah Kapten Tsubasa juga menjadi inspirasi negara lain. Banyak Bintang sepak bola yang menggemari tayangan kartun Tsubasa versi negara masing-masing seperti Zinedine Zidane, Lionel Messi, Andres Iniesta, Alessandro Del Piero, dan Fernando Torres.

Captain Tsubasa menjadi sebuah karya monumental bagi Jepang. Kisah Impian yang tersaji di dalamnya memotivasi masyarakat Jepang untuk berprestasi. Tak heran jika gambarnya dipilih menjadi hiasan jersey timnas Jepang.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply