Inilah 4 Manfaat Olahraga Saat Haid yang Belum Banyak Diketahui Para Wanita

Inilah 4 Manfaat Olahraga Saat Haid yang Belum Banyak Diketahui Para Wanita

Selama masa menstruasi biasanya perempuan akan merasakan sensasi tak nyaman pada tubuhnya, namun Anda tetap bisa menikmati olahraga saat haid. Bahkan dengan berolahraga Anda bisa menepis atau mengurangi berbagai keluhan seperti sakit di perut bagian bawah, rasa kram di perut, dan lain sebagainya. Meski beredar kabar bahwa selama haid ini para perempuan dilarang berolahraga karena berbahaya namun statemen ini hanyalah mitos belaka. Manfaat dari olahraga ini sangat banyak dan beberapa baik untuk perempuan yang sedang dalam masa menstruasi.

Inilah 4 Manfaat Olahraga Saat Haid yang Belum Banyak Diketahui Para Wanita  

Manfaat Berolahraga Ketika Menstruasi  

Menstruasi atau haid adalah siklus rutin yang akan dilalui setiap perempuan yang sudah dewasa dan menjadi tanda sistem reproduksinya sudah berkembang baik. Meski banyak keluhan dirasakan di masa ini baiknya tetap berolahraga karena bisa memetik manfaat berikut:

  • Meningkatkan energi tubuh,

Saat haid datang biasanya perempuan akan malas melakukan kegiatan apapun dan memutuskan untuk tidur atau bersantai. Pilihan ini ternyata keliru karena meningkatkan keluhan yang dirasakan seperti kram di perut dan pegal-pegal. Disarankan untuk berolahraga selama masa haid tersebut karena seperti dilansir dari Shape bahwa dilakukan riset kepada 59 perempuan yang berolahraga saat haid malah mengalami peningkatan energi. Sehingga lebih semangat dan bugar.

  • Meredakan kram di perut,

Saat siklus haid datang biasanya perempuan mudah merasakan kram di perutnya terutama di perut bagian bawah. Meski normal ternyata kram ini bisa berkurang asalkan Anda melakukan kegiatan olahraga saat haid tersebut datang. Nikmati olahraga yang ringan dulu agar terbiasa, sehingga membantu melancarkan peredaran darah sehingga sensasi kram perlahan berkurang dengan cara natural. Olahraga juga bisa meredam stress karena membantu tubuh memproduksi hormon bahagia yakni endorphin, sehingga membantu mengurangi kram perut.

  • Membantu memperbaiki mood,

Sudah menjadi rahasia umum bahkan diketahui kaum Adam jika perempuan yang sedang haid cukup mengerikan. Dikatakan demikian karena mood mereka mudah buruk sehingga lebih mudah marah ataupun menangis secara mendadak. Kondisi ini terjadi karena pada saat siklus haid datang hormon di dalam tubuh mengalami perubahan sehingga mood menjadi mudah berubah. Olahraga efektif memperbaiki kondisi tersebut karena efektif melepaskan hormon endorphin yang menciptakan perasaan positif.

  • Mengatur dan melancarkan siklus haid,

Meski siklus haid ini akan dialami oleh perempuan dewasa namun pada kenyataannya tidak sedikit yang siklusnya terganggu. Sehingga sering tidak teratur bahkan siklus berulang setelah tiga atau empat bulan baru haid muncul kembali. Jika terjadi lebih dari tiga kali siklus baiknya di periksakan ke dokter dan diimbangi dengan berolahraga sewaktu haid datang. Cara ini ternyata membantu melancarkan haid secara alami karena olahraga saat haid sendiri memang baik untuk melancarkan peredaran darah dan menyeimbangkan kadar hormon.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply