Inilah 4 Pilihan Waktu Olahraga Terbaik yang Belum Banyak Diketahui

Inilah 4 Pilihan Waktu Olahraga Terbaik yang Belum Banyak Diketahui

Kegiatan olahraga ternyata baiknya di lakukan di beberapa waktu olahraga yang ideal sehingga bisa memaksimalkan hasilnya. Kegiatan olahraga sendiri membawa banyak manfaat bagi siapa saja yang rutin menikmatinya bahkan hanya beberapa menit setiap seminggu sekali. Menikmati olahraga memang bisa setiap saat bergantung pada jenis olahraga yang dilakukan. Apabila menikmati olahraga di gym dijamin akan berkunjung di waktu luang yang dimiliki misalnya sepulang dari kantor. Menariknya ada beberapa waktu tertentu yang terbukti menjadi waktu terbaik untuk berolahraga.

 Inilah 4 Pilihan Waktu Olahraga Terbaik yang Belum Banyak Diketahui

Untuk Anda yang ingin menikmati olahraga secara maksimal dan menyerap manfaatnya secara optimal, lakukan olahraga di beberapa waktu ideal berikut:  

  • Pagi hari,

Penelitian yang dilakukan di Mollen Clinic yang berada di Arizona, Amerika Serikat membuktikan bahwa waktu terbaik untuk berolahraga adalah di pagi hari. Sebab bisa meningkatkan ataupun menstabilkan semangat untuk menjalankan aktifitas sepanjang hari. Apalagi olahraga di waktu pagi efektif membakar kalori lebih banyak sehingga baik untuk metabolisme tubuh. Memiliki tubuh sehat dan semangat menjalani hari sampai petang ditawarkan oleh olahraga di pagi hari.

  • Waktu sore hari,

Menurut sebuah penelitian di waktu sore hari otot di dalam tubuh akan dalam kondisi paling fleksibel dibanding waktu-waktu lainnya. Sehingga sore hari antara jam 4 sampai 5 sore menjadi waktu olahraga yang terbaik untuk dipilih. Sebab bisa lebih mudah melakukan gerakan olahraga apapun, baik di gym maupun olahraga di tengah lapangan seperti basket, voli, dan sebagainya. Anda yang suka olahraga di rumah dengan gerakan simpel juga cocok memilih sore hari untuk melakukannya, supaya tetap semangat berlatih.

  • Ideal dilakukan di malam hari,

Malam hari tentu menjadi waktu dimana Anda merasa lelah karena sudah berkutat dengan banyaknya kegiatan di waktu pagi sampai sore bahkan malam. Namun tidak keliru jika meluangkan waktu sekitar 1-2 jam untuk latihan olahraga yang disukai entah aerobik, fitness, ataupun yang lainnya. Sebab ketika olahraga dilakukan di waktu malam kemudian tubuh akan benar-benar kelelahan sehingga mudah terlelap. Bahkan penelitian menunjukan tidur setelah berolahraga di malam hari bisa meningkatkan kualitas tidur itu sendiri.

  • Nikmati olahraga saat merasa lelah,

Apabila Anda merasa lelah baiknya meluangkan sedikit tenaga Anda yang tersisa untuk berolahraga. Paling tidak dengan jalan kaki sehingga tubuh melakukan olah fisik yang ternyata baik untuk meningkatkan energi dan semangat. Aktifitas yang padat membuat tubuh mudah lelah dan ketika diakhiri dengan tidur atau istirahat rasa lelah ini masih bercokol. Padahal bisa diatasi dengan berolahraga meski hanya sebentar sehingga bisa memacu pembentukan hormon endorphin agar lebih semangat dan bahagia. Maka disimpulkan bahwa waktu olahraga yang baik adalah ketika tubuh merasa lelah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply