Inilah 5 Hal yang Membuat Pencak Silat Indonesia Terkenal Sampai Hollywood

Mungkin seni bela diri kungfu sudah sangat umum hadir dalam layar televisi Indonesia sebagai pelengkap perfilman action. Ya, olahraga yang berasal dari Tiongkok tersebut memang sudah mempunyai tingkat kepopuleran yang tinggi. Namun hal itu juga tidak berbeda dengan pencak silat yang mulai menunjukkan eksistentisnya di dunia Hollywood. Bela diri yang berasal dari Indonesia itu ternyata mampu bersaing dengan jenis bela diri lainnya. Beberapa film sudah mulai menggunakan gerakan silat dalam beberapa actionnya. Tetapi sudah tahukah Anda, apa yang membuat silat tembus sampai dengan dunia Hollywood?

Inilah 5 Hal yang Membuat Pencak Silat Indonesia Terkenal Sampai Hollywood

Tidak ada asap jika tidak ada api, begitu juga dengan kepopuleran silat dalam dunia perfilman luar negeri. Tidak akan terkenal jika tidak ada yang memulainya, makanya pada artikel ini akan dibahas mengenai hal yang menjadi penyebab kepopuleran silat tersebut. Untuk Anda yang penasaran, berikut ini ada beberapa hal yaitu:

  • Masuk film terbaik.

Mungkin sudah tidak asing lagi ketika orang mendengar judul film The Raid yang beberapa waktu lalu booming sampai dengan dunia internasional. Ya, film action yang mengangkat kasus teroris di Indonesia itu ternyata mampu menembus pasar Hollywood. Padahal didalamnya terdapat beberapa gerakan pencak silat yang menjadi ciri khas dari negara Indonesia.

  • Gerakan yang simpel tetapi menarik.

Jika dibandingkan dengan kungfu memang gerakan dalam silat lebih simpel dan sederhana. Meskipun begitu, itulah yang menjadi nilai lebih dari silat dari pada jenis bela diri lainnya yang sudah lebih dahulu terkenal. Setiap gerakan yang ada pada olahraga tersebut sangat tertata apik sehingga terlihat menarik.

  • Bela diri yang unik.

Lalu alasan selanjutnya adalah karena bela diri sulit mempunyai keunikan yang sangat berbeda. Sebelum mencuat ke dunia perfilman seperti sekarang ini memang masyarakat Indonesia lebih banyak dicekoki dengan kungfu, jadi tidak heran jika banyak orang yang kurang mengenal. Setelah muncul ke publik terlihat jelas keunikan dalam olahraga tersebut dari pada lainnya.

  • Filosofi dan nilai spiritual yang kuat.

Meskipun silat terlihat lebih simpel dan sederhana dari pada jenis bela diri lainnya tetapi Anda tidak bisa melakukan secara sembarangan. Hal ini dikarenakan setiap gerakan yang ada pada olahraga tersebut mempunyai nilai filosofi dan spiritual yang tinggi, jadi tidak bisa sembarangan.

Nah, itulah beberapa hal yang menjadi penyebab silat mulai dikenal oleh banyak pihak bahkan sampai dengan dunia perfilman Hollywood. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis atau aliran pencak silat yang ada di Indonesia. Meskipun secara umum mereka mempunyai tujuan sama tetapi setiap nama atau perguruan mempunyai visi dan misi yang berbeda. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih dari olahraga tersebut, Anda bisa memilih salah satu dan belajar pada perguruan tersebut.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply