Inilah 5 Manfaat Melakukan Senam Pilates Secara Rutin

Inilah 5 Manfaat Melakukan Senam Pilates Secara Rutin

Pilates merupakan versi modern dari yoga. Prinsip senam ini ialah membangun kerjasama antara jiwa dan raga sehingga membantu Anda dalam kehidupan sehari-hari. harmonisasi keduanya dicapai dengan melibatkan serangkaian gerakan yang lambat tapi terfokus disertai pernapasan dalam. Bagi yang ingin mencoba namun masih ragu akan manfaatnya, simak artikel mengenai manfaat gerakannya bagi tubuh berikut ini.

Inilah 5 Manfaat Melakukan Senam Pilates Secara Rutin

  1. Menguatkan otot inti tubuh

Manfaat pilates yang paling dicari ialah Menguatkan otot inti. Otot inti sendiri merupakan bentangan otot mulai dari otot dada bawah, perut, punggung, hingga otot di sekitar panggul. Hampir setiap gerakan tubuh manusia akan melibatkan Otot inti. Sehingga, jika Otot inti lemah atau tak fleksibel maka fungsi gerak dan luas jangkauan gerak lengan dan kaki akan terganggu, bahkan bisa menguras habis tenaga dari setiap gerakan yang kita buat. Kekuatan otot inti dapat ditingkatkan jika dilatih dengan benar. Selain itu, ketika otot inti manusia kuat maka Tubuh akan lebih stabil dan kokoh.

  1. Mengoreksi postur tubuh

Pilates melatih otot-otot tubuh agar dapat bekerja secara harmonis seperti otot punggung bawah, pinggul, perut, serta panggul yang penjadi pusat gravitasi tubuh. Senam ini juga mendukung otot inti tubuh untuk menstabilkan koordinasinya. Sehingga, saat duduk atau berdiri postur tubuh dapat terjaga dengan baik. Postur tubuh yang baik tentu akan meningkatkan rasa percaya diri pemiliknya.

Tidak hanya itu, gerakan senam yang menstabilkan inti tubuh juga mengurangi resiko cepat ausnya tulang belakang. Senam ini memungkinkan Anda mengambil lebih banyak oksigen saat bernapas. Sehingga membuat postur tubuh stabil dan baik, serta mengasah keterampilan motorik halus. Nah, ketajaman kemampuan motorik akan membuat Anda lebih sigap bereaksi dan tetap seimbang diatas permukaan yang tidak stabil, seperti saat di jalanan licin atau tanjakan tajam.

  1. Mencegah serta mengurangi rasa sakit saat cedera

Otot-otot bagian tengah tubuh akan melemah jika Anda Kelamaan duduk dan minim olahraga. melemahnya otot inti tubuh akan meningkatkan risiko nyeri berkepanjangan meskipun hanya salah bantal atau keseleo sedikit saja. Pilates sendiri bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas otot, memanjangkan dan memperkuat otot, serta meningkatkan mobilitas sendi. Tubuh dengan kelenturan dan kekuatan yang seimbang akan lebih kebal dan juga sembuh dari cedera lebih cepat.

Itulah mengapa latihan pilates lebih banyak dilakukan oleh mereka dengan nyeri punggung bawah kronis. Sebab, sebuah studi terbitan Journal of Orthopedic & Sports Physical Therapy membuktikan bahwa dibandingkan dengan yang hanya pergi ke dokter spesialis saja senam ini dapat mempercepat kesembuhan. setelah rutin senam ini rasa sakitnya pun benar-benar menghilang selama setahun penuh.

  1. Menajamkan fokus

Meskipun terlihat mudah diikuti, sebenarnya gerakan Pilates membutuhkan konsentrasi tingkat tinggi. Gerakannya berpusat pada harmonisasi pengendalian pikiran, tubuh, dan pengaturan napas, sehingga Anda menjadi lebih fokus pada masing-masing gerakan supaya tidak mencelakai diri sendiri di tengah-tengah pose.

  1. Meningkatkan kualitas seks

Pilates melibatkan gerakan yang kurang lebih mirip dengan senam Kegel guna menguatkan otot dasar panggul. Otot panggul yang lebih kuat akan memberi sensasi rasa orgasme yang lebih hebat. Selain itu, otot dasar panggul yang kuat juga akan memudahkan wanita hamil ketika mengejan untuk melahirkan bayi saat persalinan nanti.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply