Inilah 8 Alat dan Perlengkapan Wajib dalam Olahraga Bola Voli

Inilah 8 Alat dan Perlengkapan Wajib dalam Olahraga Bola Voli

Salah satu olahraga yang memerlukan peralatan dan perlengkapan tertentu untuk dimainkan ialah bola voli. Peralatan tersebut harus lengkap agar pertandingan bisa berjalan dengan baik. Bahkan masing-masing pemain diperkenankan memakai aksesoris pelengkap selama tak menimbulkan cedera bagi penggunanya. Selain memahami aturan bermain, penuhi 9 perlengkapan yang wajib ada dalam permainan olahraga ini berikut:

Inilah 8 Alat dan Perlengkapan Wajib dalam Olahraga Bola Voli

Bola

Umumnya, bola voli yang bisa dan seharusnya digunakan terbuat dari bahan kulit. Keliling bola yang diperlukan adalah 65-70 cm dengan berat 250-280 gram. Tekanan dari dalam bola diperkirakan 0.30 hingga 0.325 kg/cm2.

Lapangan Voli

Lapangan voli diperlukan agar permainan bisa lebih maksimal. Ukuran lapangan yang dianggap resmi dan paling umum digunakan dalam olimpiade adalah 9 x 18 meter. Batas jarak pemain belakang dengan garis tengah adalah 3 meter. Sementara jarak jaring/ net dengan garis depan ialah 5 cm.

Jaring/ Net

Jaring/ net menjadi peralatan yang wajib ada untuk membatasi daerah antar-tim. Tinggi net pemain wanita adalah 2,24 meter, sedangkan tinggi net pemain pria biasanya 2,43 meter. Panjang jaring atau net secara umum biasanya 9,5 meter dengan lebar 1 meter. Untuk mata netnya sendiri berukuran 10 cm.

Kaos dan Celana Pendek

Kaos dan celana yang dimaksud adalah yang memang dikhususkan untuk berolahraga. Pastikan kostum tersebut nyaman Anda kenakan. Seluruh anggota satu regu wajib memakai kaos dan celana pendek dengan motif dan warna yang sama kecuali bagi pemain libero. Kaos tersebut wajib memiliki nomor antara 1-20 seperti yang terdaftar sebagai peraturan permainan.

Sepatu

Pertandingan resmi mewajibkan pesertanya mengenakan sepatu khusus untuk bola voli. Bahkan diketahui bahwa sepatu khusus tersebut jauh lebih ringan dibandingkan dengan sepatu biasa pada umumnya. Sepatu ini dapat mengoptimalkan gerakan pemain terutama saat melakukan jumping.

Pelindung Ruas Jari

Peralatan ini berguna saat melakukan blocking untuk menghindari bola spike dari lawan mengenai ujung jari. Pelindung ini pun dipakai untuk meminimalisasi cedera ruas jari. Jari yang sering terbentur ialah kelingking dan jari manis sehingga harus mendapatkan perlindungan maksimal.

Elbowpad

Istilah lainnya adalah deker siku untuk memberikan perlindungan optimal bagi siku pemain. Tubuh pemain berpotensi jatuh bangun sewaktu melakukan dig untuk penyelamatan. Itulah mengapa deker siku sangat diperlukan untuk melindungi siku sewaktu berbenturan dengan lantai sekaligus untuk meminimalisasi cedera.

Kneepad

Kneepad atau deker lutut mempunyai fungsi yang sama seperti elbowpad. Berperan sebagai penjaga sendi lutut agar sewaktu melakukan lompatan bisa lebih kuat menopang tubuh.

Cedera yang paling dikhawatirkan para pemain bola voli rata-rata cedera lutut ketika melompat. Hal tersebut karena masa pemulihannya yang cukup lama diikuti risiko cedera kambuhan. Untuk itu, jangan lupa melindungi lutut menggunakan kneepad dan menggunakan elbowpad untuk melindungi siku.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply