Inilah Beberapa Olahraga Murah yang Bisa Dilakukan untuk Ibu Hamil

Inilah Beberapa Olahraga Murah yang Bisa Dilakukan untuk Ibu Hamil

Saat hamil, wanita akan menemui beberapa kesulitan bahkan untuk bergerak dan berolahraga. Namun, diantara sekian banyak olahraga, terdapat olahraga murah yang bisa anda coba yaitu dengan senam hamil. Senam hamil tidak hanya dilakukan untuk membantu ketika masa persalinan, namun juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh. Hal tersebut dikarenakan dalam senam tersebut, ketenangan pikiran menjadi salah satu hal yang penting agar ibu terlihat lebih fresh dan dapat dimaksimalkan dengan menggunakan baby oil yang mengandung aloe vera dan vitamin E untuk merawat kulit.

 Inilah Beberapa Olahraga Murah yang Bisa Dilakukan untuk Ibu Hamil

Senam ibu hamil sederhana yang dapat dilakukan sendiri di rumah diantaranya yaitu:

  • Senam kegel merupakan senam untuk merenggangkan dan menguatkan panggul sehingga melahirkan akan lebih mudah. Caranya dengan duduk atau berdiri 3-10 detik dan diulang sehari 4 kali.
  • Jalan kaki terutama pada trisemester ketiga untuk membantu bayi berada dalam posisi ke jalur lahir sehingga dapat mengurangi waktu persalinan.
  • Senam jongkok dengan punggung lurus dan menurunkan badan perlahan hingga posisi jongkok selama 10 detik lalu kembali ke posisi berdiri untuk memperkuat otot paha dan peregangan pada otot panggul.

Langkah selanjutnya untuk melakukan olahraga murah ini adalah memiringkan panggul untuk membantu dalam meningkatkan kekuatan pada otot perut dan meredakan sakit pada pinggang. Caranya ambil posisi merangkak dengan kepala sejajar pada punggung dan santai, lalu menengadah sambil menarik nafas dan dapat dilakukan beberapa kali sehari. Terakhir, posisi tailor atau duduk santai di lantai dengan punggung lurus pada dinding, kedua kaki saling bersentuhan dan lutut menyentuh lantai selama 10-20 detik. Hal tersebut untuk melatih otot paha sehingga dapat mengurangi stres pada punggung bawah ibu hamil.

Sedangkan jika usia kehamilan Anda sudah memasuki 7 bulan atau trimester akhir, Anda bisa melakukan gerakan dalam posisi duduk dan tidur berikut bermaksud untuk memperkuat otot punggung. Gerakan dengan posisi duduk yaitu: 

  • Duduk tegak dan nyaman di atas karpet busa atau alas agar lutut dan kaki tidak sakit.
  • Rentangkan kaki selebar mungkin dengan punggung tetap dalam posisi tegak.
  • Mencondongkan badan dengan posisi lengan Anda jatuh ke bagian depan tubuh Anda.
  • Lalu, tahan posisi tersebut selama beberapa waktu agar Anda bisa merasakan otot punggung dan paha bagian dalam merenggang.

Selanjutnya, pada posisi tidur melakukan olahraga murah ini dengan cara menggunakan kursi sebagai alat bantunya. Langkah pertama adalah tidur terlentang dengan posisi paling nyaman. Kedua, meletakkan kaki diatas kursi dan punggung menempel di lantai yang telah diberi matras agar punggung nyaman dan tidak sakit. Kemudian mengangkat pantat dengan siku dan tangan sebagai tumpuannya. Gerakan ini dilakukan sebanyak 8 kali per harinya ketika Anda berada di rumah agar otot punggung menjadi lebih kuat ketika masa kehamilan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply