Inilah Cara dan Teknik Latihan Renang Gaya Bebas

Olahraga merupakan aktivitas olah tubuh yang bisa dilakukan dengan cara apapun. Banyak sekali jenis olahraga dari yang sederhana seperti jalan-jalan dan jogging, sepak bolo dan masih banyak lagi. Salah satu jenis olahraga yang banyak disukai adalah berenang. Dalam berenang sendiri ada beberapa gaya dan yang kerapkali dilakukan adalah gaya bebas atau freestyle. Sejak tahun 1844, renang dengan freestyle sudah diperlombakan di London dan ternyata gaya ini juga merupakan favorit perenang karena disebut-sebut lebih mudah dipelajari.

Cara untuk bisa berenang dengan gaya freestyle sendiri dilakukan dengan meluncur di permukaan air dan dada menempel di permukaan air lalu masukkan kepala ke air dengan posisi badan serta kaki yang lurus sejajar. Selanjutnya kedua tangan mengayuh gerak ke depan dengan bergantian dan kedua kaki dicambukkan secara naik turun bergantian ke air. Untuk metode pengambilan nafasnya, maksimal adalah sekali setiap sekali gerakan. Tetapi untuk para perenang profesional sendiri biasanya mampu menarik nafas sekali untuk 8 kali gerakan. Teknik pernafasannya adalah dengan memalingkan wajah ke samping ketika tangan keluar air baik ke kiri atau kanan.

Untuk bisa berenang dengan gaya ini tanpa cedera, maka teknik pun harus bisa dikuasai. Berikut ini beberapa teknik renang gaya bebas:

  • Gerakan kaki

Untuk gerakan kaki pada renang freestyle adalah seperti kaki berjalan atau mencambuk air. Posisi kakinya beserta paha haruslah lurus dengan bagian dengkul tanpa ditekuk. Selama melakukan gerakannya, bagian kaki dari dengkul ke bawah jangan ditekuk dan yang bergerak adalah pangkal pahanya.

  • Gerakan tangan

Lanjut dengan gerakan tangan dimana harus lurus dengan sebelah kepala dan sejajar. Kedua telapak tangannya saling berdekatan tetapi tidak boleh menempel. Tarik tangan kanan dengan jari rapat ke bawah dan tarik ke belakang. Lalu bergantian dengan tangan kiri dengan gerakan yang sama dan ulangi terus menerus. Gerakan tangan yang selanjutnya bisa dimulai saat tangan yang satu telah kembali ke bagian posisi awalnya.

  • Gerakan kombinasi

Ketika berenang dengan gaya freestyle ini, maka semua gerakan harus dilakukan beriringan mulai dari tangan mengayuh, kaki mencambuk dan ambil nafas baik tengok kanan atau tengok kiri tanpa henti sampai ke tujuannya. Jika ingin ambil nafas ketika toleh kiri, maka lakukan saat tangan kiri mengayun k depan dan sebaliknya. Lakukan teknik ambil nafas ini paling tidak setelah selesai melakukan gerakan 1 set jika masih pemula.

Itulah cara dan teknik dalam melakukan renang gaya bebas. Dari segi teori mungkin terlihat rumit, namun akan berbeda jika sudah dipraktekkan. Untuk bisa menguasai juga tentu butuh waktu sehingga Anda harus bisa berlatih keras.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply