Inilah Cara Olahraga yang Bisa Anda Lakukan di Halaman Rumah yang Sempit

Olahraga merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan oleh manusia untuk memiliki tubuh yang sehat. Banyak bentuk-bentuk olahraga mulai dari melakukan senam, meregangkan tubuh, permainan, hingga melakukan kegiatan tertentu secara rutin dengan dibimbing oleh instruktur. Banyak yang masih berpendapat bahwa olahraga hanya bisa dilakukan di tempat khusus yang luas dan didesain untuk kepentingan olahraga seperti stadion, gym atau lapangan. Namun hal tersebut tidaklah sepenuhnya benar, karena dimanapun Anda bisa berolah raga. Berikut ini adalah tips cara olahraga dengan memanfaatkan halaman rumah.

Bagi Anda yang ingin berolah raga namun enggan membayar biaya anggota gym, sanggar senam, dan instruktur, maka Anda tak perlu khawatir. Semua orang tetap bisa berolah raga di rumahnya masing-masing apalagi jika Anda memiliki halaman rumah yang cukup luas. Banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan hanya dari halaman rumah Anda. Dengan begitu banyak waktu, tenaga dan uang yang bisa dihemat karena Anda tak perlu bepergian setiap hari untuk berolahraga.

Berikut ini adalah beberapa cara olahraga yang bisa Anda lakukan di halaman rumah yang memiliki manfaat sama dengan olahraga yang dilakukan di gym atau sanggar senam:

  • Berlari-lari kecil mengelilingi halaman.

Berlari bisa dilakukan di mana saja termasuk di halaman rumah Anda. Di gym, berlari menggunakan alat khusus yang bisa diatur kecepatannya. Hal tersebut memang baik karena Anda bisa melatih daya tahan tubuh dan kecepatan larian. Namun tentu saja Anda harus membayar biaya langganan yang tak sedikit. Berlari di halaman bisa dilakukan setiap hari dan juga bisa digunakan untuk mengatur kecepatan lari sesuai dengan keinginan Anda. Jika halaman kurang luas, maka berlari mengelilingi kompleks atau kampung pastinya juga menyenangkan.

Baca Juga: Cara Olahraga Dan Alasan Orang Malas Olahraga

  • Senam.

Senam merupakan olahraga yang bisa dilakukan sendiri atau bersama-sama. Bagi Anda yang ingin senam dirumah, Anda bisa menirukan gaya dari rekaman senam melalui televisi atau player. Dengan begitu Anda tak perlu mengatur jadwal lagi untuk mengikuti senam bersama instruktur dengan banyak orang. Lakukan secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal baik dari bentuk tubuh hingga untuk kesehatan.

  • Push up, sit up, dsb.

Gerakan simple seperti push up, sit up, mengangkat badan bisa dilakukan di halaman rumah. Namun jangan lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu agar otot tidak sakit atau kaget saat Anda melakukannya

Itulah beberapa cara olahraga yang bisa dilakukan dari halaman rumah Anda. Dengan berolahraga di rumah, Anda bisa menularkan kegiatan positif ini pada anggota keluarga yang lain atau bahkan para tetangga. Jika halaman Anda cukup luas, justru bisa digunakan untuk melakukan senam dengan para tetangga khususnya ibu-ibu atau menjadi arena permainan pingpong dan sebagainya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply