Inilah Deretan Olahraga Udara yang Bisa Memacu Adrenalin, Mau Coba?

Olahraga itu banyak jenisnya, baik yang dilakukan di darat, di air maupun di udara. Khusus untuk olahraga yang dilakukan di udara sendiri, manfaatnya sama seperti ketika Anda melakukan udara di air maupun di darat. Akan tetapi, olahraga yang satu ini cenderung lebih memacu adrenalin. Setidaknya ada 5 olahraga udara yang bisa memenuhi syarat tersebut, antara lain:

Terjun Payung

Olahraga yang pertama adalah terjun payung. Olahraga ini mirip dengan paragliding dan sky diving. Akan tetapi yang menjadi pembeda antara terjun payung dengan kedua jenis olahraga udara tersebut terletak pada masalah waktu pembukaan parasut. Pada terjun payung, parasut ini akan dibuka sesaat setelah yang bersangkutan terjun dari pesawat terbang. Sedangkan pada paragliding, parasut sudah dipakai bahkan sebelum penerbangan dilakukan. Sementara pada sky diving, parasut tersebut akan dibuka setelah yang bersangkutan melakukan atraksi di udara.

Wingsuit Flying

Olahraga udara yang kedua adalah Wingsuit Flying. Olahraga ini akan membuat tubuh menjadi terbang di udara dengan menggunakan wingsuit. Adapun wingsuit itu sendiri adalah semacam sayap buatan yang berupa jumpsuit khusus. Untuk melakukannya, yang bersangkutan harus ada di ketinggian tertentu terlebih dahulu supaya dia bisa terjun bebas, lalu melayang sembari membentangkan sayap layaknya burung. Pastinya olahraga yang satu ini tidak disarankan untuk para pemula, karena yang diijinkan untuk melakukannya hanyalah sky diver berpengalaman yang telah 200 kali terjun di udara.

Hang Gliding

Hang Gliding adalah olahraga udara yang dilakukan dengan menggunakan alat yang biasa disebut juga dengan gantole. Gantole itu sendiri merupakan alat yang bentuknya menyerupai kerangka pesawat. Alat inilah yang nantinya akan digunakan untuk terbang. Hang Gliding dilakukan dengan cara melompat dari atas sebuah bukit yang cukup tinggi. Namun dalam prosesnya sendiri, olahraga yang satu ini hanya mengandalkan angin sehingga cukup berbahaya. Karenanya tidak heran jika untuk menikmati olahraga yang satu ini Anda harus mengeluarkan dana yang cukup banyak sekalipun penggemarnya sendiri tak terlalu banyak.

Base Jumping

Olahraga ini juga mirip dengan sky diving, yakni dilakukan dengan cara melompat dari ketinggian lalu membuka parasut sebelum yang bersangkutan mencapai daratan. Olahraga ini juga merupakan olahraga yang membutuhkan kecermatan dalam penghitungan waktu, terutama dalam hal pembukaan parasut. Terlambat sedikit saja dalam membuka parasut, maka yang bersangkutan harus siap menghadapi konsekuensinya.

Bungee Jumping

Tak berbeda jauh dengan base jumping, bungee jumping juga mengharuskan seseorang untuk terjun bebas di udara. Akan tetapi olahraga yang satu ini tidak membuat pelakunya mengenakan parasut, melainkan sebuah tali yang kuat dan lentur, dimana salah satu ujung tali ini nantinya akan diikatkan pada bagian pergelangan kaki dan ujung yang lainnya akan diikatkan ke tiang. Dengan begini, saat pelaku olahraga sudah sampai di bawah, dia akan memantul kembali ke atas hingga energi lompatannya habis.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply