Inilah Diskripsi Cara Bermain Takraw yang Perlu Diketahui

Inilah Diskripsi Cara Bermain Takraw yang Perlu Diketahui

Cara Bermain Takraw – Beberapa waktu lalu melalui ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia terlihat pertandingan sepak takraw. Sepak takraw sendiri bukanlah olahraga baru melainkan sudah lama ada dan cukup populer di berbagai negara, pamornya di Indonesia pun tak bisa diremehkan. Sebab banyak muda-mudi di berbagai daerah menikmati olahraga ini dikala sore ataupun akhir pekan bersama teman-temanya. Anda yang memang menyukai permainan olahraga dan melibatkan bola tidak ada salahnya belajar bermain sepak takraw ini.

Inilah Diskripsi Cara Bermain Takraw yang Perlu Diketahui 

Cara Bermain Sepak Takraw

Sepak takraw adalah permainan olahraga yang menggunakan bola dari rotan dan untuk memainkannya perlu ditindak memakai kaki bukan tangan seperti voli. Desain lapangan untuk olahraga ini juga nyaris mirip dengan voli karena lapangan berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 13.40 meter dan lebar 6.10 meter. Bagian tengah lapangan nantinya akan direntangkan net atau jaring yang menjadi pemisah antara tim satu dengan tim yang lainnya. Sepak takraw sendiri dimainkan oleh dua tim yang saling berlomba mengumpulkan skor, masing-masing tim beranggotakan 3 pemain.

Menariknya cara bermain takraw sendiri adalah menggunakan kaki maupun anggota badan lainnya terkecuali tangan. Para pemain dituntut mengembalikan bola rotan yang dikirimkan oleh lawan supaya tidak jatuh di dalam garis batas lapangan areanya. Pada saat mengembalikan bola dari lawan tentunya dengan ditendang, dan diwarnai dengan gerakan salto sehingga menjadi pemandangan seru ketika menyaksikannya dari tepi lapangan. Pemain pun dituntut untuk memiliki tubuh yang lentur agar bisa memberi tendangan keras agar lawan kesulitan untuk melakukan blocking maupun mengembalikan kiriman bola rotan tersebut.

Rupanya perkembangan sepak takraw cukup menarik sebab tak hanya dimainkan di lapangan berbentuk persegi panjang saja. hal ini terlihat dari pertandingan internasional yang digelar di tahun 2002 lalu dimana mulai diperkenalkan Sepak Takraw Lingkaran atau circle game. Sehingga takraw disini dilakukan di lapangan berbentuk lingkaran dan jumlah pemain di masing-masing tim tak hanya 3 orang melainkan ada 5 orang. Namun sistem permainannya tetap sama yakni berlomba mengumpulkan nilai paling banyak dan hanya boleh mengembalikan bola rotan memakai kaki dan anggota tubuh lainnya kecuali tangan.

Berbeda dengan cabang permainan olahraga lain, sepak takraw sendiri setiap babaknya hanya berdurasi 10 menit. Dalam kurun waktu 10 menit inilah masing-masing tim akan berjuang maksimal mencetak skor paling tinggi. Sehingga penuh dengan gerakan salto, tendangan, dan juga blocking sehingga menciptakan sebuah pemandangan yang seru dan menakjubkan. Teknik blocking mencegah bola yang ditendang lawan masuk ke area sendiri cukup unik yakni 2 pemain berdiri berjejer memunggungi net. Agar lebih jelas mengenai cara bermain takraw maka bisa melihat tutorialnya dalam bentuk video di internet.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply