Inilah Durasi Olahraga yang Pas untuk Tubuh

Inilah Durasi Olahraga yang Pas untuk Tubuh

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat adalah dengan berolahraga. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwasanya olahraga setiap hari bisa membuat tubuh mereka lebih bugar dan menghindarkannya dari berbagai penyakit. Namun pertanyaannya adalah kira-kira berapa durasi olahraga yang ideal itu? Nah, untuk mendapatkan jawabannya, mari simak ulasan singkat yang ada di bawah ini.

Inilah Durasi Olahraga yang Pas untuk Tubuh

Lama Olahraga yang Direkomendasikan untuk Setiap Orang

Untuk negara Indonesia sendiri, setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga kira-kira selama 150 menit dalam satu minggu. Jika angka tersebut dijabarkan menjadi per hari, maka durasi olahraga yang disarankan untuk dilakukan sekitar 30 menit setiap hari. Kalaupun olahraga ini tidak bisa Anda lakukan setiap hari, minimal Anda harus melakukannya 3 hari atau 5 hari dalam seminggu. Durasi selama 150 menit tersebut juga disarankan oleh Department of Health and Human Services US. Akan tetapi ini berlaku untuk olahraga yang intensitasnya sedang seperti berenang atau jalan cepat. Nah, kalau untuk olahraga yang intensitasnya tinggi seperti berlari, durasi yang disarankan adalah 75 menit dalam satu minggunya. Masalah pembagian waktu ini bisa Anda atur sendiri.

Perhatikan Kondisi Berat Badan

Durasi olahraga yang perlu Anda lakukan juga perlu mempertimbangkan kondisi berat badan. Jika berat badan Anda termasuk normal atau ideal, Anda hanya perlu melakukan olahraga tersebut selama 30 menit saja setiap harinya. Namun, jika tujuan Anda melakukan olahraga adalah untuk mengontrol berat badan, sangat disarankan agar Anda melakukan olahraga tersebut selama 60 menit setiap harinya. Nah, jika Anda ingin menurunkan berat badan, maka Anda harus menambahkan waktu olahraga tersebut menjadi 90 menit setiap harinya dan sebaiknya Anda tidak melakukan olahraga lebih lama dari waktu-waktu yang telah disebutkan tersebut ya, karena bagaimanapun juga jika olahraga dilakukan secara berlebihan itu tetap tidak baik bagi tubuh.

Akibat Melakukan Olahraga yang Terlalu Lama

Banyak referensi yang menyebutkan bahwa olahraga itu baik untuk tubuh. Olahraga bisa menjaga kebugaran tubuh dan mengurangi risiko penyakit kronis di usia yang masih belum terlalu tua. Olahraga juga bisa dijadikan objek untuk menjaga berat badan karena olahraga mampu menyeimbangkan antara energi yang masuk ke dalam tubuh dan energi yang keluar dari tubuh. Berbagai manfaat olahraga tersebut tentunya akan Anda rasakan apabila Anda melakukannya dengan benar dan dengan durasi yang tidak berlebihan. Apabila Anda melakukannya dalam waktu yang cukup lama atau melebihi yang disarankan, besar kemungkinan tubuh Anda akan menjadi stress sehingga bisa mengakibatkan yang namanya overtraining. Overtraining ini bisa menyebabkan Anda mengalami penurunan kepadatan tulang, merubah fungsi hormon dan kekebalan tubuh, menurunkan nafsu makan, kualitas tidur menurun, mudah marah, kehilangan motivasi, cedera sendi dan otot serta bisa membuat Anda mengalami kelelahan yang berkepanjangan. Karena itulah, walaupun Anda sangat suka berolahraga, harap perhatikan masalah waktu ini ya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply