Inilah Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Para Pemula Scuba Diving

Inilah Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Para Pemula Scuba Diving

Jika memasuki musim liburan, banyak dari masyarakat Indonesia yang memilih pulau atau yang bertemakan laut sebagai destinasi wisata mereka. Hal tersebut memang bergantung pada selera masing-masing dari setiap orangnya, namun salah satu alasan mengapa mereka mengunjungi destinasi tersebut adalah karena ingin melihat keindahan bawah laut yang pastinya tidak bisa mereka dapatkan di tengah perkotaan. Terutama di Indonesia yang memang terkenal sebagai negara kepulauan yang dimana memiliki keindahan bawah laut yang sungguh fantastis. Biasanya, para wisatawan akan memilih untuk melakukan Scuba Diving yang memungkinkan mereka untuk menyelam ke dalam air dengan berbekal tabung oksigen sebagai alat yang membantu kita dapat bernafas di dalam air. Pastinya Anda pun dapat menikmati keindahannya secara lebih jelas dengan melakukan kegiatan atau olahraga yang satu ini. Namun, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui sebagai pemula, yakni:

Inilah Hal Penting yang Harus Diketahui Oleh Para Pemula Scuba Diving 

  • Pendamping

Untuk bisa menyelam ke dalam air dengan bantuan alat pernafasan tersebut, maka Anda tidak dapat dan tidak boleh melakukannya sendirian, namun Anda harus didampingi oleh ahlinya atau pun bersama teman yang memang sudah fasih dalam olahraga ini. Kehadiran pendamping sangat penting untuk memberikan instruksi yang tepat bagi Anda, serta untuk menghindari terjadinya gangguan atau masalah ketika menyelam. Pastinya Anda pun akan merasa jauh lebih aman dan tenang jika memang memiliki seorang pendamping.

  • Menggunakan Peralatan Lengkap

Salah satu hal yang harus sekali Anda terapkan dan lakukan ketika akan melakukan Scuba Diving ini adalah menggunakan segala perlengkapan secara lengkap. Biasanya Anda akan diberikan sebuah wetsuit, regulator, masker, serta tabung oksigen. Pastikan jika semua alat yang diberikan berfungsi dengan baik, serta memastikan jika tidak ada masalah yang terjadi pada perlengkapan dan peralatan tersebut. Untuk merasa lebih tenang, Anda bisa menanyakannya pada pendamping atau petugas yang memberikan alat tersebut.

  • Tidak Minum Soda

Sebelum melakukan olahraga ini, akan lebih baik jika Anda tidak mengonsumsi minuman yang mengandung soda. Ketika menyelam, tekanan air dan juga tingkat gravitasi semakin tinggi dan Anda pun diharuskan untuk melawan hal tersebut. Jika mengonsumsi minuman bersoda, maka Anda akan mengeluarkan gas yang dimana akan membuat Anda mengalami muntah-muntah. Sedangkan untuk bernapas, selang oksigen dipasangkan pada bagian mulut ketika menyelam. Jika muntah, maka selang pun akan terlepas dan Anda tidak mendapatkan oksigen.

  • Jangan Sentuh Terumbu Karang

Bagi Anda para pemula yang baru saja akan melakukan Scuba Diving untuk pertama kalinya, maka perlu diingat untuk tidak menyentuh terumbu karang. Memang terumbu karang terlihat begitu cantik namun jika menyentuhnya maka biota laut tersebut akan rusak. Selain merusaknya, terkadang ada beberapa jenis terumbu karang yang memang memiliki sengatan dan sangat berbahaya bagi manusia. Oleh karena itu, lebih baik untuk tidak menyentuhnya ketika menyelam.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply