Inilah Jenis Olahraga Atletik yang Jarang Dikenal Masyarakat

Inilah Jenis Olahraga Atletik yang Jarang Dikenal Masyarakat

Seperti yang kita ketahui olahraga mempunyai banyak sekali cabang yang ada dan biasanya dikategorikan dalam beberapa cabang tertentu. Salah satunya adalah olahraga atletik yang merupakan gabungan dari beberapa jenis olahraga. Misalnya saja gabungan dari olahraga lari, lempar, dan juga lompat. Sehingga ada beberapa cabang olahraga yang meliputi kategori seperti tersebut. Atletik ini mempunyai beberapa olahraga yang baik terkenal di masyarakat seperti cabang olahraga lari, tetapi juga ada yang kurang dikenal masyarakat seperti misalnya beberapa cabang olahraga berikut ini:

 Inilah Jenis Olahraga Atletik yang Jarang Dikenal Masyarakat

  • Tolak peluru

Jenis olahraga cabang atletik pertama yang kurang dikenal masyarakat adalah tolak peluru. Mungkin sebagian besar masyarakat sudah pernah mendengar olahraga ini tetapi belum mengetahui cara permainan bahkan juga wujud dari peluru yang dimaksudkan dalam olahraga ini. Dimana tolak peluru ini merupakan salah satu jenis olahraga kelompok lempar yang menggunakan bola besi yang berat. Ukuran bola besi tersebut seperti ukuran buah melon tetapi mempunyai berat lebih dan tidak mudah untuk diangkat. Dimana untuk berat dari peluru yang harus dilempar tersebut sekitar 3 kilo hingga 7,25 kilogram. Sehingga tentunya olahraga ini membutuhkan kekuatan bahkan untuk mengangkat pelurunya sendiri. Bola besi ini harus dilemparkan sejauh mungkin dengan menggunakan gaya menyamping atau juga membelakangi lemparan.

  • Lompat galah

Jenis olahraga atletik selanjutnya adalah lompat galah yang mempunyai teknik hampir sama dengan olahraga lompat tinggi. Akan tetapi yang membedakan lompat galah dengan lompat tinggi adalah menggunakan alat bantu. Dimana untuk melompat lebih tinggi, atlet akan menggunakan tongkat atau galah. Untuk tinggi lompatan yang diharapkan dari cabang ini adalah dari 3,75 hingga 5,95 meter dan tidak boleh menyentuh tiang sama halnya dengan lompat tinggi.

  • Lempar lembing

Cabang olahraga selanjutnya yang termasuk dalam atletik adalah lempar lembing. Olahraga ini mempunyai cara kerja dengan melemparkan lembing hingga jarak tertentu. Dan untuk pemenangnya adalah yang mendapatkan lemparan terjauh. Untuk dapat melempar lembing dengan jauh maka harus mempunyai taktik yang tepat dalam kecepatan, teknik, dan juga kekuatan. Penghitungan jarak lemparan tersebut akan dihitung dari tancapan ujung lembing yang telah dilemparkan atlet.

  • Menembak

Dan jenis olahraga atletik terakhir yang sudah banyak didengar tetapi tidak mengetahui apabila termasuk dalam atletik adalah menembak. Olahraga ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi untuk dapat membidik sasaran dengan tepat. Karena semakin dekat dengan sasaran maka akan mempunyai poin yang tertinggi dan bisa membuat hasil nilainya tinggi dan berhasil memenangkan pertandingan. Untuk peluru yang digunakan dalam olahraga ini adalah peluru karet dan membutuhkan menggunakan pengaman seperti penutup telinga dan juga kacamata ketika melakukan tembakan ke sasaran.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply