Inilah Jenis Seni Beladiri Yang Paling Mematikan

Seni beladiri dipelajari bagi mereka yang ingin mempertahankan diri tanpa mengenal batasan usia. Meski awalnya dipakai untuk peperangan, seiring berjalannya waktu, seni beladiri semakin berkembang dan masing-masing negara memiliki nama dan jurus khusus beladiri. Jika Anda amati, banyak negara yang mempunyai seni beladiri.

Inilah jenis seni beladiri yang paling mematikan yang harus kamu ketahui, antara lain:

  • Pencak silat

Pencak silat berasal dari Indonesia. Nama ‘pencak’ berasal dari Jawa, dan ‘silat’ berasal dari Sumatera, Semenanjung Malaya dan Kalimantan. Pencak lebih mengedepankan unsur seni dan keindahan gerakan, sedang silat adalah inti ajaran beladiri. Pencak silat memiliki banyak aliran. Contoh: Silat Harimau, Merpati Putih, Bakti Negara, Tapak Suci, dan lain-lain. Selain itu, pencak silat juga kini sudah mulai dipertandingkan di berbagai kompetisi besar seperti Sea Games dan Olimpiade.

  • Taekwondo

Taekwondo berasal dari Negeri Ginseng, Korea. ‘Tae’ yang berarti tendangan, ‘kwon’ artinya tinju atau kepalan, dan ‘do’ artinya jalan atau seni. Seni beladiri ini hampir 70%-nya dipusatkan pada kaki dan 30% pada tangan. Yang paling khas dari taekwondo adalah tendangan berputar 45derajatnya yang khas, juga tendangan samping dan tendangan mencangkul. Kini, beladiri taekwondo paling sering dimainkan dalam olahraga besar contohnya Olimpiade.

Baca Juga:Napak Tilas Perisai Diri Yang Menjadi Seni Beladiri Indonesia

  • Muay Thai

Sesuai namanya, seni beladiri ini memang berasal dari Thailand. Selain Muay Thai, ada juga yang menyebutnya Thai Boxing. Jenis beladiri ini lebih mengandalkan pertempuran tangan kosong dengan fisik yang kuat. Gerakannya mirip Kick Boxing. Hanya saja teknik di beladiri Muay Thai lebih bervariasi. Muay Thai sendiri ada yakni sekitar abad ke 19. Meskipun sampai saat ini belum diketahui siapa pencetusnya, banyak orang berpendapat bahwa bela diri Muay Thai yang paling menakutkan dan mematikan.

  • Wing Chun

Dari namanya, Anda pasti sudah bisa menebak dari mana seni beladiri ini berasal. Ya, Wing Chun merupakan penerapan dari salah satu kungfu yang berada di Cina. Wing Chun spesialiasi untuk pertarungan jarak dekat, gerakannya pun sangat unik dan memakai pukulan serta tendangan yang cepat dengan pertahanan yang ketat serta ketangkasan gerak kaki untuk mempercepat gerak maju. Gaya Wing Chun meliputi tendangan, menangkis, serangan beruntun, tinju, menjebak dan mengontrol teknik sebagai bagian dari pertarungan itu sendiri.

  • Krav Maga

Krav Maga berasal dari bahasa Ibrani yang berarti pertempuran jarak dekat itu merupakan seni beladiri asli Israel. Tidak ada aturan baku dalam pertarungan Krav Maga. Pria dan wanita menjalani metode latihan yang sama. Oleh karena itu, Krav Maga pada dasarnya hanya menekankan keselamatan diri penggunannya sambil berusaha melumpuhkan lawannya dengan cara apapun yang bisa dilakukan. Selain itu, di Krav Maga diajarkan pula untuk meningkatkan kewaspadan terhadap kondisi sekitarnya sehingga ia bisa mengantisipasi sebelum penyerangan itu terjadi, juga bisa menghindarkan diri dari situasi kekerasan yang membahayakan keselamatan sebisa mungkin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply