Inilah Kelengkapan Olahraga Tenis yang Perlu Anda Ketahui

Indonesia sangat akrab dengan olahraga yang berhubungan dengan raket. Ya, bulutangkis jawabannya. Hal ini tak mengherankan karena memang Indonesia punya atlet bulutangkis setingkat internasional dengan ranking teratas dan banyak juara. Meski begitu, selain itu masih banyak juga olahraga lain yang menggunakan raket yang populer di dunia yaitu tenis. Sama-sama menggunakan raket, tentunya ada perbedaan dengan bulutangkis yang menggunakan shuttle cock dan jika olahraga ini menggunakan bola.

 

Perlahan tapi pasti kepopuleran olahraga ini memang cukup besar di masyarakat. Meski begitu, olahraga ini memang lebih identik dengan olahraganya orang berpunya karena tidak bisa dimainkan oleh semua orang dimana saja. Lalu apa saja kelengkapan dalam permainan ini? berikut ini ulasannya:

 

  • Bola

Tentunya dalam permainan ini bola adalah yang utama. Untuk aturan permainannya, bola wajib berwarna putih atau kuning. Untuk diameter bila adalah sekitar 2,5 hingga 2,63 inchi. Sedangkan untuk berat bolanya adalah 1,98 hingga 2,08 ons. Selain itu ada juga aturan dalam hal pantulan bola yakni sekitar 53 hingga 58 inchi saat dijatuhkan dari ketinggian 100 inchi. Dengan begitu maka permainan akan berjalan lebih lancar.

 

  • Raket

Selanjutnya adalah raket yang juga memiliki peran penting. Tersedia raket dalam ragam ukuran dan bentuk yang bisa dipilih. Untuk raket bagi pemain dewasa, standar panjangnya adalah 27 inchi sedangkan untuk yang junior biasa memakai raket lebih kecil sehingga bisa menjadikannya nyaman. Kadang banyak yang berpikir jika raket tenis adalah raket yang berat dan besar. Padahal raket ini sudah didesain sesuai dengan keperluannya. Justru jika pemain menggunakan raket yang terlalu ringan, maka akan bisa memudahkan cidera di lengan.

 

  • Sepatu

Keseimbangan adalah hal penting dalam permainan ini. Keseimbangan ini juga bisa menempatkan daya pukulan sehingga menjaga akurasi serta kontrol tetap bisa dilakukan. Oleh karena itu suatu hal yang mutlak jika pemain harus memilih sepatu terbaik untuk bermain. Sepatu juga harus nyaman ketika dikenakan mengingat pergerakan dalam permainan yang cepat dan harus lincah sehingga menuntut pemain terus menerus bergerak.

 

  • Pakaian

Pakaian dalam olahraga ini memang kerap jadi sorotan karena stylish dan modis. Untuk wanita biasanya menggunakan kaos polo lengan pendek atau tanpa lengan dengan rok pendek di kaki jenjangnya. Sedangkan pria juga menggunakan kaos tanpa lengan atau lengan pendek dengan celana pendek. Biasanya para atlet juga menggunakan topi untuk melindungi dari panas.

 

Itulah beberapa kelengkapan dalam permainan tenis yang perlu Anda siapkan. Jika ingin bermain, maka Anda harus menyewa lapangan tenisnya karena memang permainan ini cenderung kurang bisa dimainkan di sembarang tempat. Kini semua perlengkapan itu sudah dengan mudah bisa didapat di toko online atau toko olahraga di kota Anda.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply