Inilah Keseruan Permainan Sepak Takraw Asli Indonesia

Indonesia sangat terkenal sekali dengan beberapa permainan atau olahraga tradisional yang sampai saat ini masih dilestarikan. Salah satunya adalah sepak takraw yang menjadi salah satu olahraga yang cukup diminati sampai saat ini. Bahkan olahraga yang satu ini juga masuk ke dalam deretan perlombaan yang ada di Pekan Olahraga Nasional. Untuk atlet sendiri sampai saat ini juga masih banyak yang menggemari olahraga Takraw ini. Permainan ini bisa dibilang tradisional karena pada mulanya berasal dari permainan yang tidak umum.

 

Ada beberapa keseruan yang bisa dirasakan dengan permainan tradisional yang satu ini. Jika Anda belum mencoba beberapa permainan ini, maka bisa membaca dahulu beberapa keseruan permainan ini antara lain:

 

  1. Permainan yang seru, permainan ini memang terlihat seperti menggabungkan beberapa permainan seperti permainan volley dan bulutangkis. Takraw ini juga masih menggunakan net sebagai penentu skor nantinya.
  2. Bola yang unik, hal yang membedakan permainan ini dengan volley maupun dengan sepak bola adalah bola yang digunakan. Pada takraw bola yang digunakan terbuat dari anyaman rotan tradisional. Hal ini yang membuat sepak ini berbeda sekali dengan permainan lainnya.
  3. Dimainkan di daerah, dahulunya sepak ini memang merupakan sebuah permainan yang dilakukan di beberapa daerah dan juga sangat populer sekali. Namun kini juga sudah mulai dimainkan di beberapa perkotaan.
  4. Pria dan wanita berbeda peraturan, dalam permainan ini untuk wanita dan pria dibedakan dari beberapa hal seperti dibedakan berdasarkan berat bola sampai dengan tinggi net. Ini memang sangat penting sekali agar permainan bisa seimbang.

Jika Anda merupakan salah satu penggemar olahraga dan ingin mencoba olahraga ini, maka sepak takraw menjadi salah satu pilihan olahraga yang tepat. Permainan ini biasanya dimainkan oleh 6 orang dan masing-masing regu terdiri dari 3 orang. Tentu saja ini merupakan permainan yang seru sekali jika Anda ingin bermain bersama kerabat. Permainan ini juga biasanya ada yang dimainkan pada beberapa lapangan khusus, namun ini bukan merupakan sebuah kewajiban.

 

Ada beberapa peralatan yang dibutuhkan pada saat permainan takraw ini. Berikut ini adalah beberapa peralatan pentingnya antara lain:

 

  • Net, untuk net pembatas ini pada permainan di regu pria sebaiknya tingginya adalah 1,55 mm. Sementara untuk permainan di regu wanita tingginya sebaiknya adalah 1,45 mm.
  • Bola, untuk bola yang terbuat dari bahan rotan ini. Untuk wanita maksimal berat bolanya adalah 150 gram sementara untuk pria adalah 170 gram.

 

Perlengkapan bermain ini memang sangat penting sekali dan akan membuat permainan jadi lebih lengkap. Sebaiknya pada saat bermain sepak takraw juga harus ada wasit yang akan membantu dalam menghitung skor yang dihasilkan oleh pemain. Permainan ini juga bisa dilakukan di luar ruangan dan usahakan angin tidak terlalu kencang.

 

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply