Inilah Manfaat Warm Up Sebelum Olahraga yang Harus Anda Ketahui

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang amat penting untuk bisa menjaga kesehatan tubuh. Dengan berolahraga, maka tubuh akan bergerak dan semua organ tubuh juga akan terolah. Sudah banyak sekali manfaat olahraga yang diketahui. Namun sebelum terjun untuk berolahraga, ada baiknya jika melakukan warm up atau pemanasan terlebih dulu. Umumnya pemanasan ini kerapkali disepelekan sehingga tak sedikit orang yang berolahraga menjadi cedera.

Pemanasan pada dasarnya dilakukan untuk bisa mengkondisikan tubuh terlebih dulu sebelum berolahraga. Hal ini dilakukan sehingga tubuh tidak kaget ketika langsung berolahraga. Berikut ini beberapa manfaat dilakukannya pemanasan yang perlu Anda ketahui:

  • Mencegah cidera

Banyak yang sudah mengetahui bahwa fungsi dari pemanasan adalah untuk pencegahan terhadap resiko cidera. Saat langsung olahraga, umumnya otot masih kaku sehingga kaget ketika langsung beraktivitas olahraga berat. Otot kaku ini akan menjadikan otot tidak fleksibel sehingga tidak siap melakukan gerakan olahraga sehingga banyak resiko cidera memungkinkan terjadi seperti keseleo dan yang terparah adalah otot yang robek.

  • Melancarkan peredaran darah

Selain bisa mengurangi resiko cedera, warm up juga mampu menjadikan peredaran darah menjadi lancar. Hal ini lantaran pemanasan akan memberikan efek suplay oksigen yang lancar ke seluruh tubuh. Suplay oksigen maksimal ini akan menjadikan performa ketika berolahraga menjadi meningkat.

  • Meningkatkan fokus dan mental

Pemanasan bisa dibilang sebagai persiapan untuk melakukan olahraga yang lebih berat lainnya. Untuk itu kesiapan mental dan fokus pun juga diperlukan. Ketika pemanasan, tubuh sudah siap untuk menerima perintah lainnya dalam berolahraga lebih berat sehingga akan lebih fokus lagi. Pikiran pun menjadi lebih rileks yang memberikan efek mental akan lebih terjaga.

  • Menjadikan tubuh lebih fleksibel

Selain mampu meningkatkan metabolisme yang ada di tubuh, pemanasan yang dilakukan dengan gerakan berupa peregangan juga mampu memberikan efek tubuh yang lebih elastis dan fleksibel ketika bergerak. Anda pun akan mampu meminimalisir cidera otot hingga kram yang kerap terjadi pada tubuh jika olahraga dilakukan tanpa pemanasan.

Baca Juga: Sebelum Olahraga Lari Lakukan 4 Persiapan Berikut Supaya Aman

  • Meningkatkan performa

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya jika pemanasan mampu memberikan efek untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Jika metabolisme tubuh meningkat, maka performa pun akan meningkat sehingga olahraga yang dilakukan akan menghasilkan manfaat lebih untuk tubuh Anda.

Itulah beberapa manfaat melakukan pemanasan yang harus Anda ketahui. Warm up ini bisa dilakukan dengan peregangan atau gerakan ringan lainnya. Setelah olahraga pun, jangan lupa untuk melakukan pendinginan yang memberikan efek stabilnya detakan jantung dan juga otot Anda. Dengan melakukan olahraga sesuai dengan aturan dan anjuran secara rutin, maka beragam manfaat pun bisa Anda rasakan, tak hanya saat ini namun di masa depan juga.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply