Inilah Penjelasan Peraturan Sepak Takraw Secara Singkat

Inilah Penjelasan Peraturan Sepak Takraw Secara Singkat

Olahraga kini menjadi pilihan banyak orang untuk bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Olahraga pun tak seharusnya hanya dilakukan sekali dua kali saja, namun wajib dilakukan secara rutin. Hal ini lantaran olahraga mampu membuat tubuh menjadi lebih sehat dimana kesehatan adalah investasi terbaik untuk masa mendatang. Olahraga pun tak melulu membosankan, namun bisa dilakukan secara bervariasi. Cobalah sesekali bermain sepak takraw bersama teman atau tetangga. Selain menyenangkan, olahraga yang satu ini juga bisa membuat Anda berkeringat dan pastinya tubuh jadi lebih aktif bergerak.

Inilah Penjelasan Peraturan Sepak Takraw Secara Singkat 

Sebelum tahu aturannya, Anda wajib tahu juga jika olahraga yang satu ini merupakan campuran dari olahraga sepak bola dan juga bola voli dimana dimainkan pada lapangan bulu tangkis ganda. Pemainnya tidak boleh sentuh bola dengan tangan. Olahraga ini juga banyak dikenal dengan nama sepak raga dimana menggunakan bola dari rotan. Namun untuk memainkan sepak raga tentu Anda harus tahu aturannya, yaitu:

  • Lapangan

Untuk lapangan sepak raga harus berukuran 13,4 m x 6,1 m dimana sama dengan ukuran lapangan badminton. Permainannya bisa dimainkan di dalam atau luar gedung. Untuk sisi lapangannya ditandai dengan cat dengan ukuran 4 cm. Pada area bebasnya adalah sekitar 3 m.

  • Tiang net

Tak hanya lapangan, namun tiang net juga memiliki ukuran baku. Untuk tinggi tiang net pada pemain putra yakni 1,55 m di pinggirnya dan untuk bagian tengah adalah 1,52 m. Sedangkan tinggi tiang net pada pemain putri yakni 1,45 m di pinggirnya dan untuk bagian tengah adalah 1,42 m. Pada kedudukan tiangnya adalah 30 cm pada garis luar pinggirnya.

  • Jaring atau net

Untuk net harus terbuat dari tali ataupun benang kuat. Namun jika net terbuat dari nilon pun tidak mengapa dimana untuk tiap lubang yakni memiliki lebar 6 hingga 8 cm. Sedangkan untuk lebar net adalah 70 cm dengan panjangnya adalah 6,10 m.

  • Bola takraw

Bola pada sepak raga awalnya dibuat dari rotan. Namun kini banyak juga yang membuatnya dari plastik. Untuk ukurannya adalah dengan lingkar 42 hingga 44 cm bagi pemain putra dan 43 sampai 45 cm bagi pemain putri. Sedangkan untuk berat dari bola itu sendiri adalah 170 hingga 180 gram bagi tim putra dan 150 hingga 160 gram untuk tim putri.

Itulah sekilas peraturan dasar pada permainan sepak takraw. Sebetulnya masih banyak peraturan lainnya terkait pemain hingga permainan, namun aturan untuk semua perlengkapan tersebut adalah baku sehingga jika ingin memainkan sepak raga dengan benar maka harus mengikuti peraturan tersebut di atas.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply