Inilah Ragam Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang Perlu Anda Tahu

Olahraga adalah aktivitas yang seharusnya dilakukan dengan rutin. Dengan berolahraga, maka tubuh akan bisa lebih sehat dan kuat. Saat ini sudah ada banyak sekali olahraga yang bisa dilakukan mulai dari sepak bola, basket dan masih banyak lagi. Dengan banyaknya jenis olahraga, maka Anda pun tak akan bosan untuk melakukan olahraga yang satu dengan yang lainnya. Tak hanya olahraga umum, namun ternyata ada banyak juga olahraga tradisional yang berasal dari Indonesia.

Inilah Ragam Olahraga Tradisional Asli Indonesia yang Perlu Anda Tahu   

Berikut ini beberapa olahraga asli Indonesia yang banyak digemari sampai saat ini:

  • Pencak Silat

Olahraga yang pertama yakni Pencak Silat dimana berasal dari budaya masyarakat Indonesia. Pencak Silat sendiri sudah ada semenjak zaman dulu dan berakar dari budaya Melayu dimana kini sudah dikenal luas sampai ke berbagai negara. Tak hanya satu macam saja, namun Pencak Silat kini sudah ada banyak versinya. Biasanya versi Pencak Silat ini sesuai dengan kebudayaan dari masyarakat setempatnya misalnya aliran Pencak Silat Cimande yang memiliki nilai historis tertentu dan masih banyak lagi.

  • Sepak takraw

Olahraga yang satu ini merupakan perpaduan antara olahraga sepak bola dan juga voli. Namun permainannya sendiri justru dilakukan di lapangan bulu tangkis. Olahraga ini sudah ada semenjak zaman Kesultanan Malaka dimana dulunya disebut dengan sepak raga. Pemainnya tiga orang per regunya. Aturannya adalah pemain tidak diperkenankan menyentuh bola memakai tangan dan hanya boleh pakai kaki. Sepak takraw ini merupakan olahraga tradisional yang sudah dipertandingkan di SEA Games.

  • Egrang

Egrang juga termasuk olahraga. Asalnya dari daerah Jawa dan umum dijumpai saat lomba tujuhbelasan. Egrang ini adalah olahraga yang murah lantaran modal olahraga hanya sekedar bambu serta kayu yang dibentuk sedemikian rupa dan kemudian bisa dijadikan alat permainan.

  • Karapan sapi

Olahraga ini berasal dari daerah Madura dimana olahraga karapan sapi konteksnya seperti pacuan sapi. Di dalam permainannya, hanya sapi yang olahraga. Sapi tersebut menarik kereta kayu yang nantinya lewati lintasan sekitar 100 meter. Ada joki juga dalam olahraga ini dimana joki menunggang di kereta kayu demi bisa kendalikan laju sapi sehingga tidak oleng nantinya.

  • Perahu naga

Olahraga yang satu ini sudah dimainkan juga di SEA Games. Untuk berolahraga perahu naga ini maka membutuhkan perahu dengan dekorasi seperti naga. Nantinya tiap tim akan berlomba mencapai garis finis dengan mendayung perahu naga tersebut.

Itulah beberapa olahraga tradisional dari Indonesia yang hingga kini masih dilestarikan. Tentunya sebagai warga negara Indonesia, patut berbangga mengingat olahraga yang tradisional tersebut masih tetap lestari hingga saat ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply