Inilah Tips Menggunakan Treadmill Bagi Para Pemula

Berolahraga di pusat kebugaran saat ini banyak jadi pilihan karena mampu menawarkan kemudahan dalam berolahraga. Biasanya pusat kebugaran pun buka selama 24 jam sehingga bagi orang yang sibuk dengan kesehariannya tetap bisa berolahraga meski di malam hari. Tak heran jika pusat kebugaran kini tak pernah sepi pengunjung. Umumnya untuk semua orang, treadmill adalah alat yang paling utama dan paling wajib dijadikan awalan sebelum mencoba ke alat lainnya. Hal ini lantaran memang tak butuh keahlian serta persiapan untuk menggunakannya.

Alat lari ini memang yang paling populer di pusat kebugaran. Tak heran jika hampir semua orang baik yang sudah senior atau sudah lama ke gym, maupun yang pemula pasti tak pernah melewatkan alat lari ini. Bagi Anda yang menginginkan manfaat lebih dan maksimal dalam penggunaan alat lari ini, maka Anda wajib untuk mengetahui tipsnya berikut ini:

  • Kenali peralatan Anda

Yang pertama tentu Anda harus mengenali peralatan Anda dulu. Sebelum memulainya setidaknya Anda harus bisa memiliki pengetahuan jelas dalam sistem kerja serta fungsi dari alat terkait. Anda pun dapat meminta bantuan ke orang yang sudah biasa memakai alat lari ini sehingga bisa memberikan panduan penggunaan hingga contoh cara berjalan di alat tersebut. Hal ini akan sangat disarankan terutama bagi yang belum pernah menggunakan.

  • Pemanasan

Hal penting yang kerapkali terlupakan salah satunya adalah dalam hal pemanasan ini. Pemanasan ini diperlukan sehingga tubuh Anda siap untuk menerima gerakan saat olahraga. Lakukan pemanasan dulu sebelum mulai naik ke treadmill misalnya peregangan otot. Selanjutnya Anda bisa mulai latihan di atas alat tersebut.

  • Perhatikan langkah

Sebelum Anda mulai berjalan di atas alat lari tersebut, mulailah dengan belajar cara melangkah perlahan. Berjalan di atasnya tidak sama ketika Anda berjalan di tanah biasa. Lakukan secara perlahan dan jangan terburu-buru langsung lari. Berjalan di atas alat ini pun dapat menilai apakah cara berjalan harian Anda sudah benar atau tidak dengan melihatnya dari kaca.

  • Pakai derajat incline

Untuk mengatur agar alt lari bisa di posisi mendaki maka tingkatkan aktivitas kekuatan [ada otot panggul serta paha di bagian belakangnya sehingga bisa jadikan otot ini kian kuat. Anda pun akan bisa lebih membakar kalori dan mampu meningkatkan stamina.

Untuk bisa menjadikan Anda kontinyu dalam melakukan latihan, maka selalu buat setiap sesi latihan tersebut menyenangkan. Biasanya untuk menjadikan para pengunjung lebih bersemangat, pusat kebugaran akan menyetel musik untuk didengarkan sehingga Anda tak hanya fokus pada latihan namun bisa lebih rileks. Untuk dapatkan manfaat maksimal dari latihan treadmill, maka lakukan secara rutin dan jangan hanya sehari dua hari saja.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply