Intip Beragam Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Intip Beragam Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Bagi ibu hamil yang ingin kondisi kandungan dan janinnya dapat tumbuh dengan sehat maka membutuhkan olahraga yang rutin. Sedangkan jenis olahraga yang dilakukan untuk ibu hamil tentunya tidaklah jenis olahraga yang memberatkan, karena pada kondisi yang hamil tentunya tidak boleh melakukan olahraga yang berat dan membuat ibu hamil mudah lelah, karena hal ini juga akan berpengaruh pada janin dalam kandungannya. Untuk jenis olahraga yang tepat untuk ibu hamil yaitu olahraga yoga.

Intip Beragam Manfaat Yoga Bagi Ibu Hamil

Jenis olahraga yang satu ini memang menjadi salah satu jenis olahraga yang tepat dilakukan oleh para ibu hamil agar tubuhnya tetap sehat selama dalam kehamilan. Tidak hanya itu saja, bahkan olahraga ini pun juga akan membantu ibu hamil dalam mempersiapkan diri pada saat akan melahirkan serta juga akan meningkatkan kesehatan pada bayi. Namun sebelum melakukan olahraga ini tentunya ada beberapa hal yang harus dipahami terlebih dahulu karena untuk olahraga ini juga ada beberapa kelas yang dibutuhkan.

Inilah beberapa manfaat yoga bagi ibu hamil, yaitu sebagai berikut ini:

  • Dapat mengurangi kecemasan dan stres bagi ibu hamil.
  • Dapat membantu dalam meningkatkan tidur pada ibu hamil.
  • Dapat meningkatkan kekuatan, fleksibilitas dan juga daya tahan otot supaya dapat melahirkan dengan lancar atau dengan cara normal.
  • Dapat mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung.
  • Mengatasi rasa mual selama kehamilan serta mengurangi sakit kepala dan sesak nafas.
  • Dapat mencegah terjadinya kelahiran bayi prematur.
  • Dapat mengurangi resiko hipertensi pada kehamilan.

Adapun kelas yoga yang dapat Anda pilih, yaitu:

  • Pernafasan.

Cara ini dapat membantu untuk mengurangi sesak nafas selama kehamilan.

  • Peregangan.

Teknik gerakan pada peregangan ini dilakukan pada bagian lengan dan leher yang sudah ditentukan.

  • Postur.

Teknik ini dilakukan sambil duduk, berdiri maupun berbaring, teknik ini untuk mengembangkan fleksibilitas, kekuatan dan keseimbangan.

  • Pendinginan dan relaksasi.

Gerakan ini untuk mengendurkan atau mengistirahatkan otot-otot, denyut jantung pada irama pernafasan. Bagi seorang ibu hamil maka dapat merasakan kondisi tubuhnya yang lebih enak dan lebih nyaman selama proses kehamilan.

Itulah beberapa manfaat dari melakukan olahraga yoga bagi ibu hamil yang memang memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh para ibu hamil, serta untuk teknik dalam olahraga ini pun juga terdiri dari 4 teknik, sehingga tidak hanya membuat ibu hamil merasa nyaman saja, akan tetapi juga akan menjaga kondisi janin dalam kandungan agar tetap dalam kondisi yang sehat. Meskipun kondisi hamil memang akan cenderung malas melakukan kegiatan apa pun termasuk melakukan olahraga, namun tetaplah kondisi Anda dan janin selama kehamilan dengan cara melakukan olahraga yang tepat dan aman, karena memang untuk ibu hamil tidak diperbolehkan jika melakukan aktifitas yang terlalu melelahkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply