Jalan Kaki Sebagai Olahraga Mudah, Murah dan Sehat

Jalan Kaki Sebagai Olahraga Mudah, Murah dan Sehat—Siapa yang menyangka kalau jalan kaki rutin tu dapat menurunkan berat badan. Siapa yang menyangka kalau rutin jalan kaki dapat membuat tubuh anda tetap prima meski usia di angka 70. Tentu kalian pernah mendengar cerita orang tua-orang tua terdahulu yang tetap terlihat bugar di usia senja mereka. Apa rahasia mereka? Salah satunya pasti jalan kaki yang dilakukannya dengan rutin semasa mudanya dulu.

Ya jalan kaki memang olahraga sederhana yang tidak membutuhkan banyak perlengkapan dan biaya. Namun manfaat yang didapat begitu besar. Hingga para pakar kesehatan menyarankan agar menjadikan jalan kaki sebagai bagian dari pola hidup anda.  

Berikut beberapa manfaat olahraga sehat jalan kaki.

  • Kesehatan jantung

Ini adalah efek yang baik dari jalan kaki. Jantung anda akan tetap prima. Dikarenakan rutin dilakukan jantung akan terbiasa dengan ritme jalan kaki anda. Jantung yang sehat akan memberikan kinerja yang baik mengedarkan darah ke seluruh pembuluh di tubuh anda. Efeknya anda tidak akan mudah lelah, mengantuk maupun lesu dalam menjalankan aktifitas keseharian anda.

Baca Juga: Manfaat Lebih Menggunakan Sepatu Lari

  • Kebugaran tubuh

Dengan merutinkan jalan kaki, terutama di pagi hari dimana kadar oksigen berada pada level terbaik, sudah barang tentu kebugaran yang anda dapatkan. Jalan kaki rutin melatih persendian dan otot serta organ-organ anda tetap prima karena susunan saraf tubuh terdapat di telapak kaki, maka jalan kaki akan meberikan efek total bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Untuk mendapatkan manfaat ini, anda harus meluangkan waktu dan menjadwalkannya setiap hari dalam hidup anda. Tidak perlu lama berjalan santai selama 30-45 menit sudah cukup baik bagi kesehatan dan kebugaran tubuh anda. Seperti yang diutarakan di atas, lakukanlah di pagi hari, biasanya usai sholat shubuh sekitar jam 5 pagi agar mendapatkan manfaat dobel, selain tubuh bugar, pernafasan anda juga sehat karena suplai oksigen yang terbaik.

  • Menurunkan berat badan

Percaya nggak kalau rutin berjalan kaki dapat menurunan berat badan anda? Ini sudah banyak dibuktikan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan. Memang tidak langsung signifikan. Pelan-pelan namun stabil, seiring dengan rutinnya anda melakukan jalan kaki. Selain itu anda terhindar dari resiko cedera yang berlebih. Karena jalan kaki ini olahraga yang ‘lembut’ maka sangat sedikit resiko cedera yang ditimbulkannya.

  • Awet muda

Ini merupakan satu rahasia dari orang tua terdahulu yang masih kelihatan prima di usia senja mereka. Jalan kaki. Ya jalan kaki yang rutin dilakukan semasa muda akan membawa dampak istimewa di usia tua. Selain masih terlihat segar, juga jauh dari yang namanya pikun dan dapat mengurangi resiko terkena berbagai macam penyakit.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply