Jenis Gerakan Senam Aerobik yang Bisa untuk Menurunkan Berat Badan

Aerobik merupakan senam yang diiringi dengan alunan musik yang cepat. Biasanya jenis senam ini dapat dilakukan dengan banyak sanggar yang bisa dipilih dan diikuti secara berkelompok. Manfaat senam ini sendiri tentunya dapat digunakan untuk olahraga yang tepat sehingga bisa untuk menurunkan berat badan. Fungsi lainnya tentu akan membuat badan lebih sehat dan berbagai keuntungan lainnya yang bisa dirasakan apabila rajin untuk melakukan senam ini setidaknya 3 kali seminggu. Akan tetapi apabila keberatan untuk ikut sanggar dan membayar iurannya maka ada alternatif lain yang bisa dilakukan yaitu dapat untuk melakukannya sendiri. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan gerakan yang ada di senam tersebut yaitu jenis gerakan seperti di bawah ini.

  • High impact

Merupakan jenis pertama yang biasanya mempunyai tempo yang cepat dan juga aliran dengan gerakan yang keras. Jenis senam ini sendiri mempunyai banyak gerakan yang bisa dilakukan tetapi pada umumnya temponya cepat dan keras. Seperti misalnya melompat-lompat, menyeret, berputar, dan gerakan keras lainnya. Untuk jenis senam high impact ini dapat untuk berefek pada bagian perut, dada, betis, hingga juga pada bagian cardiovascular. Jenis senam high impact ni sangat cocok untuk orang yang lincah dan dapat untuk membakar lemak secara maksimal karena akan banyak keringat yang keluar dengan gerakan lincah yang dilakukan.

  • Low impact

Jenis senam aerobik yang kedua adalah low impact yang akan sangat aman untuk orang yang telah menjelang usia senja. Gerakan dalam senam ini akan lebih halus, gerakan yang rendah, dengan musik yang lembut seperti pada gerakan senam pendinginan. Sehingga jenis senam ini biasanya dipilih oleh para orangtua, orang yang mempunyai berat badan berlebih, dan juga untuk ibu hamil sebagai senam hamil yang aman.

Baca Juga: 4 Alasan Menarik Lakukan Aerobik Secara Rutin

  • Aerobic sport

Adalah jenis senam yang menggabungkan antara senam dan juga gerakan kelenturan. Jenis senam ini sangat cocok untuk masyarakat yang ingin tubuhnya lebih lentur dan dapat bergerak dengan cepat. Untuk jenis ini sendiri menggunakan gerakan high impact yang cepat dan lincah tetapi juga dipadukan dengan gerakan yang melatih kelenturan.

  • Discorobic dan rockrobic

Merupakan dua jenis aerobik yang bisa dipilih. Untuk jenis discorobic biasanya menggunakan kombinasi gerakan ringan dan juga keras. Untuk jenis ini juga menggunakan musik disko karena sangat cocok untuk gerakan tersebut. Sedangkan untuk jenis rockrobic merupakan jenis senam yang menggunakan gerakan aliran keras dan juga ringan dengan rock and roll. Untuk gerakan jenis senam ini biasanya menggunakan aliran yang membuat badan berputar, melompat, dan juga gerakan lainnya dalam high impact tetapi menggunakan music rock and roll untuk mengiringi senam jenis ini.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply