Jenis-Jenis Alat Fitnes Dan Kegunaannya

Dengan padatnya aktifitas pada masyarakat masa kini, banyak orang yang lebih meluangkan waktu untuk berolahraga di tempat fitnes. Keuntungan kita berolahraga di tempat fitnes salah satunya adalah banyak tersedia alat fitnes yang dapat kita pilih sehingga anda dapat berkonsentrasi dalam berolahraga.

Jenis-Jenis  Alat Fitnes Dan Kegunaannya

Mungkin anda adalah pemula dalam olahraga ini, maka dari itu sebelumnya anda harus mengenal alat fitnes dan kegunaan dari alat-alat tersebut yang akan diuraikan seperti berikut;

  • Dumbbell

Merupakan salah satu alat angkat beban bebas dan merupakan alat fitnes dasar. Berbentuk batang besi pendek dengan dua buah beban pada ujung-ujungnya. Mungkin anda mendapati ukuran yang berbeda-beda pada alat ini. Alat ini juga praktis untuk dibawa kemanapun dan tidak memerlukan ruangan yang luas untuk menggunakannya. Alat ini digunakan untuk banyak variasi gerakan fitnes.

  • Barbell

Alat fitnes ini merupakan alat yang digunakan pada latihan beban dan angkat besi. Barbell dapat dibilang merupakan versi besar dari dumbbell. Dengan panjang besi yang bervariasi sekitar 1,2 meter hingga 2,4 meter dimana beban berada diujung besi. Beban untuk barbell berbentuk pelat yang bisa dibongkar pasang sesuai dengan kemampuan pengguna. Barbell digunakan oleh kedua tangan agar otot kanan dan kiri berkembang secara seimbang.

  • Weight Plates

Bentuk dari alat ini adalah cakram yang membulat terbuat dari logam. Kegunaannya adalah dengan menambahkan sebagai beban di peralatan lain atau juga bisa digunakan sendiri untuk latihan.

  • Kettlebells

Perangkat latihan beban dengan bentuk seperti bola meriam yang memiliki pegangan. Alat ini terbuat dari besi. Target latihan kettlebells pada berbagai anggota tubuh dan memiliki berbagai variasi. Berat dari alat ini berkisar antara 4 kg hingga 79 kg.

  • Medicine Ball

Bola lentur dan ringan yang terbuat dari karet dengan berat bervariasi dari 1kg hingga 11kg. Alat fitnes ini berguna untuk meningkatkan variasi, intensitas latihan, melatih kekuatan dan ketahanan otor, stabilitas, koordinasi tubuh, merangsang respom syaraf otot.  

  • Sit up bench

Alat ini akan membantu kita dalam melakukan sit up dengan beberapa variasi dan crunch. Alat ini membantu meningkatkan efektifitas dan intensitas saat kita melakukan gerakan sit up

  • Push up grip

Bebentuk batang besi dengan lengkungan di bagian bawah, alat ini akan membantu kita saat melakukan push up. Pembentukan otot dada akan lebih intens dibanding melakukan dengan manual karena saat menggunakan alat inimenekan dada saat melakukan push up.

  • Static Bicycle

Prinsip kerjanya sama dengan sepada gunung perbedanya terletak pada penggunaanya untuk static bicycle digunakan dalam ruangan dan tidak dapat berpindah tempat. Tekanan dalam mengayuh dan kecepatan dapat disesuaikan dengan kehendak kita. Alat ini digunakan melatih otot kaki dan juga dapat membakar lemak (cardio)

Demikian beberapa alat fitness dasar yang bisa dijelaskan semoga dapat membantu anda dalam melakukan fitnes.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply