Jenis Olahraga Ekstrim

Definisi olahraga secara umum adalah salah satu kegiatan fisik maupun psikis yang dilakukan seseorang dengan tujuan untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh orang tersebut. Olahraga memiliki banyak sekali jenisnya, ada yang dilakukan berkelompok  dan ada yang dilakukan sendiri. Setiap jenis olahraga yang dilakukan sebenarnya memiliki resiko, tergantung dari seberapa ekstrim jenis olahraga yang dilakukan. Olahraga ekstrem adalah istilah populer untuk jenis olahraga yang memiliki tingkat bahaya yang tinggi. Olahraga pemicu adrenalin ini biasanya melibatkan kecepatan, ketinggian, serta aktivitas fisik yang cukup berat. Berikut beberapa jenis Olahraga ekstrim :

  • Sepeda Gunung

Bersepeda sudah biasa dilakukan orang. Namun, lain halnya dengan sepeda gunung. Untuk melakukan olahraga ini dibutuhkan sepeda dan juga keahlian khusus. Olahraga ini juga berbeda dengan olahraga sepeda biasa karena memiliki medan yang berat, yakni daerah pegunungan yang curam. Sepeda yang digunakan pun harus dirancang sesuai medan. Dengan Suspensi bagus, ban kuat serta chasis kokoh menjadi syarat yang harus terpenuhi.

  • Rock Climbing

Atau biasa disebut panjat tebing tergolong olahraga ekstrem karena menuntut fisik dan mental yang kuat. Olahraga ini menguji kekuatan pemanjat, daya tahan, kelincahan serta keseimbangan. Biasanya, medan rock climbing atau panjat tebing adalah tebing yang memiliki kemiringan hingga 450 derajat. Untuk melakukan olahraga ini juga diperlukan perlengkapan khusus antara lain sepatu khusus, helm, tali.

  • Bungee Jumping

Bungee Jumping merupakan sebuah olahraga meloncat dari papan dengan ketinggian antara 5-10 meter menuju kolam renang atau laut di bawahnya. Peserta olahraga ini dilengkapi dengan alat pengaman seperti tali pengikat elastis di kaki. Dengan demikian, pemain Bungee Jumping tidak sampai masuk ke dalam air, melainkan hanya tergantung di atasnya.

  • Slicklining

Slicklining termasuk dalam olahraga yang menantang dan ekstrim. Olahraga ini sangat menuntut konsentrasi yang tinggi, slackliner atau atlet yang melakukan olahraga slacklining harus berjalan diatas seutas tali niwon webbing yang terikat pada dua tiang tancap. Tali niwon webbing merupakan tali yang biasa digunakan pada olahraga panjat tebing, dan tali nilon webbing yang dipakai dalam slacklining biasanya berukuran 1 inci.

  • Parkour

Olahraga parkour termasuk berbahaya namun sangat banyak penggemarnya. Tujuan dari parkour adalah berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efektif, efisien dan cepat dengan menggunakan kemampuan tubuh manusia. Dalam melakukan aksinya, para atlet parkour harus berlari, salto, melompat, berguling dan berbagai macam gerakan lainnya. Resiko dari olahraga ini sangat banyak mulai dari luka ringan, gegar otak, patah tulang hingga kematian.

Demikian beberapa olahraga ekstrim, menantang dan berbahaya. Dalam melakukan olahraga-olahraga tersebut dibutuhkan perlengkapan khusus, teknik dan kemampuan khusus, serta pengalaman yang cukup.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply