Jenis Olahraga yang Cocok untuk Anak-anak

Berolahraga merupakan cara terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Bagi orang dewasa, berolahraga dapat menjaga fisik agar tetap prima dan dapat membantu mengurangi penyakit yang bersemayam dalam tubuh melalui keringat yang dikeluarkan ketika berolahraga. Banyak bergerak juga dapat memperkuat persendian pada tubuh sehingg tulang dan persendian tidak mudah keropos. Selain bermanfaat bagi orang dewasa, olahraga juga memiliki manfaat yang besar bagi anak-anak. Melakukan olahraga yang tepat dapat memantu tumbuh kembang si anak sehingga perkembangan anak menjadi lebih baik. Tidak hanya menunjang tumbuh kembang fisik, berolahraga bagi anak bahkan dapat menunjang pertumbuhan psikis dan kecerdasan. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga yang cocok untuk anak-anak, terutama yang dapat membantu tumbuh kembangnya.

Bersepeda

Bersepeda merupakan salah satu jenis olahraga yang sangat baik bagi anak-anak, selain tidak berat, olahraga ini memiliki banyak manfaat, terutama yang berkaitan dengan perkembangan otak motorik si anak. Bersepeda akan menstimulasi setiap anggota tubuh untuk melakukan koordinasi, antara kaki kanan dan kiri harus mengayuh secara bergantian, pandangan mata harus fokus, tangan harus luwes dalam mengendalikan kemudi. Koordinasi antara kedua kaki, tangan, dan mata akan membuat otak motorik anak lebih terlatih sehingga akan lebih peka, hal ini akan bermanfaat bagi gerak reflek si anak.

Bersepeda juga dapat melatih keseimbangan si anak. Anak akan belajar menyeimbangkan diri agar tidak terjatuh. Keseimbangan sangat dibutuhkan agar gerakan tubuh anak lebih stabil dan tidak mudah terjatuh ketika tersandung. Bersepeda juga akan melatih kekuatan kaki. Kegiatan mengayuh akan membuat otot kaki lebih kuat.

Baca Juga:Berikut Jenis Olahraga Ekstrem Di Dunia

Basket

Bermain bola basket akan melatih kepekaan anak, sebab si anak diberikan target untuk memasukkan bola ke dalam keranjang. Bermain basket juga akan melatih insting dan gerak reflek, karena ketika menerima bola dari kawannya, si anak harus memutuskan dengan cepat apakah akan memberi umpan ataukah langsung melempar ke arah ring.

Bermain bola basket juga dapat membantu pertumbuhan anak sehingga ukuran tubuhnya lebih tinggi. Dalam olahraga basket, anak akan lebih sering melompat dan badannya terentang dengan sempurna, gerakan melompat sambil melempar bola akan merangsang pertumbuhan tulang, terutama tulang punggung dan tulang kaki sehingga anak dapat tumbuh tinggi lebih cepat.

Tidak semua jenis olahraga bermanfaat bagi anak-anak. Memilih olahraga yang salah justru akan mengganggu dan menghambat pertumbuhan si anak. Misalnya, melakukan olahraga yang tidak sesuai dengan kondisi fisik dan kemampuan si anak justru berpotensi akan merusak persendian-persendian tertentu, sehingga proses pertumbuhannya menjadi terhambat. Untuk itu, orang tua hendaknya dapat bijak dalam memilihkan jenis olahraga yang cocok dan tepat, agar anak dapat tumbuh sehat dan berkembang secara pesat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply