Jenis Olahraga yang Tepat untuk Atasi Insomnia Kamu, Sehingga Tidur Kian Lelap

Jenis Olahraga yang Tepat untuk Atasi Insomnia Kamu, Sehingga Tidur Kian Lelap

Insomnia merupakan sebuah kondisi dimana seseorang akan mengalami kesulitan tidur di malam hari, padahal inilah waktu terbaik untuk istirahat, karena di pagi hari Anda dituntut untuk menjalankan rutinitas lainnya. Ketika hal semacam ini terjadi secara berkelanjutan umumnya akan menyebabkan daya tahan tubuh menjadi menipis atau mudah terserang penyakit. Bahkan potensi kerusakan organ-organ dalam layaknya ginjal juga semakin tinggi karena dipaksa untuk terus bekerja. Sebenarnya untuk mengatasi insomnia ini bisa dengan berbagai cara, diantaranya adalah olahraga, nyatanya memang ada beberapa jenis olahraga yang efektif untuk membuat tidur Anda kian nyenyak atau lelap, berikut ini diantaranya:

 Jenis Olahraga yang Tepat untuk Atasi Insomnia Kamu, Sehingga Tidur Kian Lelap

  1. Aerobik, senang pada dasarnya memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, tak hanya efektif di dalam membakar lemak atau mungkin menyehatkan organ kardio saja, melainkan dengan senam aerobik secara teratur, paling tidak adalah 30 menit setiap harinya maka bisa efektif membuat tidur Anda jadi kian lelap. Jadi jika Anda memiliki masalah dengan gangguan tidur, bisa mencoba untuk melakukan senam.
  2. Yoga, olahraga ini seakan bukan hanya ditujukan untuk kebugaran tubuh saja, melainkan juga keseimbangan antara yin dan yang, termasuk diantaranya adalah sangat bermanfaat untuk menjaga pikiran tetap tenang, tidak mudah stress. Yoga bisa Anda lakukan pada pagi bahkan juga malam hari sebelum tidur untuk membuat tidur kian lelap dan siklusnya juga teratur.
  3. Jalan, olahraga ringan yang bisa dilakukan ketika di malam hari, bahkan ketika sudah merasa mengalami gangguan tidur, tak ada salahnya untuk berjalan-jalan. Setelah 30 menit atau bahkan lebih nantinya tubuh merasa lebih tenang dan juga lelah, sehingga akan sangat mudah untuk terlelap.
  4. Lompat tali, jenis olahraga lainnya yang bisa dilakukan ketika ingin mendapatkan rutinitas olahraga yang semakin lelap adalah melakukan lompat tali. Bahkan selain membuat tidur jadi lebih lelap sebenarnya ada banyak manfaat lainnya yang juga akan didapatkan, seperti untuk mengoptimalkan tinggi badan sampai dengan membakar kalori. Semakin detak jantung dipacu maka suplay oksigen ke otak jadi kian lancar, akibatnya mudah untuk tertidur.
  5. Zumba dance, hampir mirip dengan aerobik, hanya saja gerakannya jauh lebih aktif, lain itu olahraga yang satu ini juga sangat menyenangkan karena memang diiringi berbagai jenis musik easy listening. Dengan melakukan zumba secara teratur efeknya bagus dalam membentuk badan jadi lebih kencang dan pastinya tidur juga kian lelap.

Namun juga harus diingat bahwa terkadang insomnia ini terjadi karena konsumsi beberapa jenis makanan atau minuman tertentu, contohnya adalah makanan atau minuman yang mengandung kafein. Sehingga menyebabkan jantung berdenyut lebih cepat dan sulit istirahat, jadi jenis olahraga apapun kurang efektif mengatasinya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply