Jersey Bola Dalam Dunia Sepakbola

Jersey Bola Dalam Dunia Sepakbola

Sepak bola dan jersey bola selalu terkait satu sama lainnya. Jersey bola sendiri baru diatur pemakaiannya oleh FA semenjak tahun 1891. FA memutuskan bahwa tiap tim diwajibkan menggunakan pakaian seragam dimana seragamnya harus didaftarkan terlebih dahulu.

Jersey Bola Dalam Dunia Sepakbola

Pada awalnya jersey bola terasa berat karena berlengan panjang dan dibuat dari bahan wol. Desain leher ada yang tanpa kerah dan berkerah dengan pengencang leher menggunakan tali. Untuk bawahan para pemain memakai celana panjang yang disebut dengan knickerbocker. Pada akhir abad 18, ada aturan tambahan bagi tuan rumah yang tidak sengaja memiliki seragam yang sama dengan tamu, tuan rumah wajib untuk mengganti seragamnya namun aturan ini diubah pada tahun 1921 dan bertahan hingga sekarang.

Memasuki abad 19 bahan jersey bola beralih ke bahan katun. Bahan ini lebih ringan, menyerap keringat dengan baik, dan memiliki kerah. Pada tahun1928 juga disahkan aturan penomoran di bagian punggung jersey bola. Dan tepat dipertengahan abad 19 mulai bermuculan bahan sintetis untuk jersey dan mulai populer logo tim ditempelkan. Pada kerah juga terjadi perubahan yaitu kerah berbentuk “V”.

Pada sekitar tahun 1980 hingga 1990 jersey mulai memiliki unsur ekonomi dengan memberikan ruang sponsor untuk dicetak di seragam jersey. Pada unsur desain semakin berkembang dengan adanya motif garis bayangan yang melintas atau membujur pada jersey. Pada masa ini juga mulai nomer yang terdapat di punggung jersey ditempelkan jg dibagian dada. Dan akhirnya pada tahun 2000-an bahan jersey bola semakin berkembang dengan didukung teknologi yang semakin maju sehingga jersey dibuat dari bahan lycra yang memiliki kelebihan tahan lama dan kuat.

Untuk bagi kolektor seragam jersey meski mengeluarkan biaya yang cukup dalam untuk membeli jersey original. Jersey original memiliki tag asli dari appareal, memiliki Production Code agar dapat mengecek keasliannya. Jadi sebelum membeli anda perlu memperhatikan beberapa hal, seperti kenali kualitas dari kw 3 hingga Original karena di Indonesia banyak beredar berbagai macam jersey dengan berbagai kualitas, perhatikan kualitas bahan biasanya jersey yang bagus memiliki warna yang cerah dan lebih halus, memiliki detail yang bagus dari segi sablon dan memiliki beberapa detail lainnya (seperti tag, bacode, besar logo, washing, jahitan rapi, dan lain sebagainya), dan terakhir belilah di toko yang sudah terjamin kualitas jerseynya.

Metode penyimpanan dan pencucian jersey pun khusus. Untuk mencuci jersey anda cukup mencelupkan selama beberapa kali kedalam larutan air sabun lalu rendam selama beberapa menit, kucek pada seluruh bagian secara perlahan, lalu bilas menggunakan air bersih dengan cara mencelup tanpa diperas. Setelah itu gantung di hanger baju lalu jemur di tempat yang teduh yang jauh dari sinar matahari hingga kering. Untuk penyimpanan setelah kering simpan dengan cara digantung lalu berikan pembungkus agar tidak berdebu dan berjamur.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply