Kabar Olahraga yang Menggemparkan di Tahun 2016

Olahraga merupakan kegiatan sekaligus kegemaran yang banyak diminati oleh orang-orang di berbagai belahan dunia. Olahraga kini sudah menjadi industri sehingga tidak heran jika banyak perusahaan-perusahaan yang berinvestasi dalam dunia olahraga. Berita-berita seputar olahraga pun sudah menjadi kebutuhan sebagian besar orang sehingga wajar jika media-media seperti koran dan majalah olahraga memiliki banyak pembacanya sendiri. Pada tahun 2016 ini, terdapat beberapa berita dari dunia olahraga yang menggemparkan masyarakat dunia. Berikut ini adalah beberapa kabar olahraga yang menggemparkan di tahun 2016.

Kasus Penggelapan Pajak Lionel Messi

Prestasi Lionel Messi di lapangan sepak bola memang memancing decak kagum sebagian ebsar penggemar bola. Skil Messi ketika menggiring bola dan menggocek lawan tidak perlu diragukan lagi. Buktinya, dalam sembilan tahun terakhur nama Messi selalu masuk dalam nominasi pemain terbaik dunia, dan memenangkan lebih dari separuhnya. Namun prestasi Messi yang cukup mentereng di dalam lapangan tersebut dinodai dengan kasus penggelapan pajak yang dilakukannya. Messi dan ayahnya, yaitu Jorge yang bertindak sebagai manager yang menangani masalah keuangannya, divonis telah terbukti melakukan penggelapan pajak di Spanyol dengan nilai sebesar 4 juta euro (kurang lebih sebesar Rp61 miliar) yang mereka lakukan antara tahun 2007-2009. Kasus yang memasuki puncaknya pada tahun 2016 ini tentu menjadi kabar olahraga yang mengejutkan berbagai pihak.

Besarnya besaran pajak yang dibebankan oleh pemerintah Spanyol ditengarai sebagai penyebab utama mengapa pemain yang berjuluk Messiah tersebut harus menyembunyikan nilai jumlah penghasilan yang diterimanya. Atas penggelapan tersebut, Messi divonis kurungan penjara selama 21 bulan dan dikenai denda 2 juta euro. Namun setelah melakukan banding dan atas kebijakan pemerintah Spanyol, Messi tidak harus menjalani hukuman kurungan.

Baca Juga : Kabar Olahraga Sepak Bola Indonesia Terbaru

Kasus Doping Maria Sharapova

Hasil tes doping yang dilakukan menjelang digelarnya turnamen tenis Australia Terbuka 2016 menggemparkan banyak pihak. bagaimana tidak, petenis yang pernah dijuluki sebagai Ratu Tenis Dunia, yaitu Maria Sharapova tidak lolos tes doping dan positif menggunakan zat Meldonium. Lebih mengejutkan lagi, Sharapova mengaku sudah mengkonsumsi Meldonium sejak tahun 2006. Menurut pengakuannya, Meldonium yang dikonsumsinya selama ini digunakan untuk mengatasi kekurangan aliran darah (ischemia) yang sudah lama diderita Sharapova.

Atas kasus doping tersebut, Sharapova tidak sepenuhnya dapat disalahkan. Lembaga anti-doping dunia atau WADA (World Anti-Doping Agency) baru mengkategorikan Meldonium sebagai jenis obat yang mengandung doping pada Januari 2016. Sharapova yang sudah memenangi grand slam sebanyak lima kali tersebut mengaku tidak tahu kalau Meldonium sudah termasuk ke dalam kategori doping. Atas kecerobohannya, Sharapova dikenai vonis selama dua tahun tidak boleh bertanding. Belakangan ini, hukuman Sharapobva dikurangi menjadi satu tahun enam bulan saja.

Itulah beberapa kabar olahraga yang menggemparkan di tahun 2016. Berita penggelapan pajak Lionel Messi dan berita tersandungnya Maria Sharapova dalam kasus doping terus menjadi perbincangan hangat yang menghiasi headline berbagai media olahraga terkemuka dunia.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply