Karakteristik Sepatu Olahraga Sesuai dengan Jenisnya

Karakteristik Sepatu Olahraga Sesuai dengan Jenisnya

Olahraga merupakan kegiatan yang penting dilakukan karena memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan manusia. Meski begitu, olahraga juga perlu dilakukan dengan seksama agar memberikan manfaat seperti yang diinginkan dan bukan sebaliknya. Untuk melakukan olahraga dengan benar dan aman, diperlukan perlengkapan olahraga yang memadai. Salah satu diantaranya adalah sepatu olahraga yang bisa memberikan Anda kenyamanan dan keamanan. Ada banyak jenis sepatu yang didesain secara khusus untuk jenis olahraga tertentu. Berikut ini adalah beberapa contoh dari jenis-jenis sepatu yang didesain khusus beserta karakteristiknya.

Karakteristik Sepatu Olahraga Sesuai dengan Jenisnya   

  • Sepatu lari atau running shoes.

Running shoes merupakan jenis sepatu yang sedang populer saat ini karena banyak orang mulai memperhatikan pentingnya berolahraga meski dengan hanya berlari saja. Running shoes didesain untuk memberikan kenyamanan pada Anda ketika berlari yaitu dengan memiliki karakteristik sol yang empuk dan ringan. Bagian depan dilengkapi dengan tali pengikat sehingga sepatu menjadi lebih erat.

  • Sepatu badminton dan tennis.

Badminton dan tennis sama-sama dilakukan di dalam arena dengan alas lantai atau semen. Untuk mengejar bola, ada kalanya kaki menjadi terpeleset akibat lantai yang terlalu licin. Sepatu untuk tenis dan badminton didesain dengan bahan kaku dan berat agar pijakan kaki tidak mudah selip. Meski begitu dengan bahan terbaik, Anda tak akan kesulitan menggunakannya kesana kemari untuk menjaga shuttlecock tetap aman. 

  • Sepatu sepakbola dan futsal.

Sepatu olahraga bola merupakan jenis sepatu yang sangat populer di Indonesia karena kepopuleran olahraga tersebut. Ada dua jenis sepatu bola yang didesain sesuai dengan penggunaannya yaitu sepatu sepakbola dan sepatu futsal. Keduanya memiliki grip dan sol yang tebal dan bergerigi untuk mencengkeram lapangan sehingga pemain tak mudah terpeleset. Meski keduanya akan sering digunakan untuk berlari, namun karena perbedaan lapangan yang digunakan, kedua jenis sepatu ini juga memiliki perbedaan dalam hal sol sepatu yang digunakan.

  • Sepatu golf.

Sama-sama digunakan di area luar dan berumput, namun sepatu golf memiliki karakteristik yang berbeda dengan sepatu sepakbola. Pemain golf umumnya tak perlu berlari sehingga hanya perlu menahan pijakan agar langkah menjadi aman. Sepatu ini juga memiliki pulp di bagian sol yang berbentuk runcing untuk menancapkan di area rumput sehingga penggunanya tak mudah terpeleset.

Jenis-jenis sepatu olahraga di atas merupakan jenis yang paling banyak ditemukan dan digunakan di pasaran sesuai dengan kepopuleran olahraga tersebut. Bagi Anda yang saat ini ingin berolahraga dengan aman dan nyaman, maka lengkapilah perlengkapan yang dibutuhkan salah satunya dengan memiliki dan menggunakan sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga yang dilakukan. Gunakan selalu sepatu yang sesuai dan jangan lupa untuk memakai kaos kaki agar nyaman dan menyerap keringat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply