Home Lari Kenali Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

Kenali Manfaat Olahraga Lari untuk Kesehatan Jiwa dan Raga

by Caswitin
olahraga mengecilkan perut

Begitu banyak aktivitas yang dapat dilakukan pada pagi hari. Salah satunya adalah olahraga lari atau jogging. Salah satu manfaat lari adalah tubuh akan melepaskan hormon endorfin yang dapat meringankan stress, membuat tubuh tetap bugar, hingga mampu menghilangkan nyeri pada tubuh. Tidak hanya itu, lari pagi juga dapat memberikan banyak manfaat. Yuk simak penjelasan manfaat lari berikut ini.

1. Menjaga kesehatan jantung

Salah satu manfaat lari bagi tubuh adalah menjaga kesehatan jantung. Pada saat anda berlari, degup jantung akan lebih cepat dibanding biasanya. Hal ini merupakan pertanda jantung anda sedang dilatih agar lebih kuat. Studi menunjukkan bahwa berlari dapat mengurangi kolesterol jahat dalam darah serta meningkatkan kolesterol baik sehingga jantung akan lebih sehat.

2. Mengurangi Stress

Manfaat lari yang akan dirasakan tubuh adalah mengurangi kadang stress. Pada saat berlari, suasana hati akan membaik sebab meningkatnya hormon endorfin yang dapat mengurangi rasa sakit. Hormon tersebut memicu perasaan dan pikiran positif sehingga anda akan dijauhkan dari stress.

3. Menjaga Berat Badan Ideal

Manfaat lari sore selanjutnya adalah memicu pembakaran kalori dalam tubuh. Rasa malas berolahraga dapat menimbulkan penumpukan kalori serta lemak jahat yang menyebabkan kenaikan berat badan. Dengan melakukan lari di sore atau pagi hari, dapat menghasilkan keringat serta membakar lemak. Sehingga anda akan merasa lebih sehat dan berat badan tetap ideal.

4. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Selain beberapa manfaat diatas, manfaat lari pagi selanjutnya adalah menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Studi menunjukkan orang yang rutin melakukan olahraga lari selama 5 menit setiap harinya dapat mengurangi resiko tekanan darah tinggi, kolesterol, serta diabetes.

5. Memperkuat Otot Kaki

Manfaat olahraga lari selanjutnya adalah dapat meningkatkan kekuatan otot kaki. Semakin anda sering berlari atau melangkah cepat, maka otot kaki akan semakin fleksibel. Disamping itu, persediaan oksigen pada otot juga akan meningkatkan. Hal ini dapat memperlancar peredaran darah.

6. Memperkuat Daya Ingat

Tidak hanya memperkuat otot, manfaat olahraga lari juga dapat memperkuat daya ingat. Otak memiliki area yang disebut dengan hippocampus. Area ini merupakan tempat penyimpanan memori verbal dan kognitif. Dengan rutin melakukan olahraga lari, ukuran hippocampus akan meningkat. Hal ini akan menghindarkan anda dari resiko terkena Alzheimer.

7. Mengurangi Gejala Depresi

Penelitian telah membuktikan bahwa rutin melakukan olahraga lari dapat mengurangi gejala depresi. Beberapa kasus gangguan depresi disebabkan oleh kurangnya neurotransmitter seperti dopamine dan serotonin. Olahraga lari mampu membantu tubuh anda merangsang banyak hormon yang dapat meningkatkan suasana hati menjadi lebih baik. Berlari juga dapat melepaskan hormon endorfin yang merupakan antidepresan alami bagi tubuh.

8. Mengurangi Kecemasan Berlebih

Rutin melakukan olahraga lari selama 5-10 menit setiap harinya akan merangsang efek anti kecemasan. Cobalah untuk berlari di taman atau mengelilingi lingkungan rumah anda setiap hari. Anda dapat melakukannya di pagi atau sore hari. Sambil mengistirahatkan pikiran dari banyaknya pekerjaan, berlari juga dapat membantu anda mengurangi kecemasan berlebih.

9. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Olahraga lari dapat menumbuhkan rasa percaya diri. Terutama bagi anda yang baru akan mencoba. Ketika anda rutin melakukan olahraga lari, berat badan anda akan menjadi ideal, otot semakin kuat, serta tubuh akan menjadi lebih bugar. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan rasa percaya diri anda. Selain itu, dengan berlari anda juga akan memperoleh kesempatan untuk memotivasi diri dan tekad dalam mencapai keberhasilan. Perbarui target anda setiap harinya. Apabila hari ini anda hanya mampu berlari selama 5 menit, besok anda dapat menambah waktunya selama 6 menit, dan begitu seterusnya. Hingga anda merasa lebih percaya diri dan semakin ingin menambah target.

Nah, itulah tadi beberapa manfaat olahraga lari. Dengan melakukan olahraga lari secara rutin, serta diiringi dengan pola hidup sehat, anda tidak hanya akan memperoleh tubuh yang sehat, akan tetapi juga jiwa yang kuat. Semoga berhasil, ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More