Kenali Teknik Dasar Futsal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Kenali Teknik Dasar Futsal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Futsal adalah permainan bola yang dimainkan oleh dua tim dengan masing-masing beranggotakan lima orang dengan tujuan memasukkan bola ke gawang lawan dengan memanipulasi bola dengan kaki. Selain lima pemain utama maka setiap regu diizinkan untuk memiliki pemain cadangan jika salah satu pemain mengalami cedera atau melanggar peraturan. Luas lapangan bola ini dengan panjang 25-43 meter dan lebar 15-25 meter, dengan garis batas, daerah penalti, titik penalti, titik penalti kedua, zona pergantian, gawang dan permukaan daerah pelemparan. Jumlah pemain cadangan maksimal 7 dan jumlah wasit 2 dengan batas jumlah pergantian pemain tak terbatas.

Kenali Teknik Dasar Futsal dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Berikut adalah beberapa teknik dasar menendang bola permainan ini diantaranya: 

  • Menendang menggunakan kaki dalam dengan posisi tubuh mengarah pada target belakang bola, kaki menjadi tumpuan dengan agak menekuk lutut, kaki yang digunakan menendang ke arah belakang di ayun dan posisi kaki ditengah bola.
  • Menendang menggunakan kaki luar dengan tubuh di sisi bola dan menghadap pada target, kaki menjadi tumpuan, kaki untuk menendang ditarik lalu diayunkan ke samping menyentuh bola dan tetap berada di sisi kiri atau kanan bola.
  • Menendang menggunakan tumit dengan posisi bola didepan pemain dan kaki menjadi tumpuan dengan mengayunkan kaki ke arah depan setelah menariknya ke belakang lebih dulu.

Selain diatas, dapat juga menggunakan punggung kaki dengan memposisikan tubuh agak condong ke depan dan di belakang bola dengan kaki sebagai tumpuan dan kaki yang menendang menghadapkan punggung kaki ke sasaran. Teknik futsal lainnya menendang menggunakan ujung jari atau sepatu dengan posisi tubuh, dan ujung jari digunakan untuk menendang tepat di bagian bawah dada. Selain itu perlu juga mempelajari teknik passing, mengumpan, menahan dan menggiring bola.

Berikut adalah manfaat permainan ini diantaranya:

  • Mencegah stress karena permainan untuk mencegah dan membuang kepenatan seharian dari kesibukan.
  • Melatih kreatifitas dengan beberapa teknik khusus untuk membuat bola tidak keluar dari garis dan tetap di giring.
  • Menguatkan jantung dengan permainan intensitas yang tinggi akan memacu jantung supaya lebih kuat.
  • Melancarkan aliran darah dengan anggota tubuh yang terus bergerak dan memacu aliran darah tidak berhenti pada beberapa titik.
  • Mengeluarkan racun pada tubuh karena keringat yang dihasilkan membuang garam yang tidak diperlukan.

Selain beberapa diatas, ada juga manfaatnya untuk melatih otak berpikir cepat untuk mengatur tubuh dan pikiran berkoordinasi dengan gerakan tubuh dengan cepat. Membuat kalori dalam tubuh terbakar sehingga berat badan akan tetap terjaga. Melancarkan sirkulasi oksigen dan akan membuat tubuh akan tetap vit. Futsal juga membuat daya tahan tubuh tetap baik, menguatkan sendi kaki, mencegah pertumbuhan sel kanker, menguatkan otot, membantu meningkatkan tinggi badan, melatih otak untuk fokus dan masih banyak lagi.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply