Kesalahan Ketika Renang Gaya Bebas yang Sering Dilakukan

Berenang menjadi salah satu aktivitas olahraga yang menyenangkan dan disukai. Bahkan anak-anak pun amat suka dengan berenang karena melibatkan aktivitas di dalam air. Selain olahraga, renang juga bisa jadi sarana untuk bertahan hidup jika nantinya ada kondisi tenggelam dan lain sebagainya. Salah satu gaya renang yang paling banyak disukai adalah gaya bebas atau free style. Gaya renang ini diklaim lebih mudah dipelajari untuk pemula dibanding gaya renang lainnya.

Jika Anda masih pemula dan masih dalam tahap pembelajaran, maka pasti akan sering sekali melakukan kesalahan, namun tanpa Anda sadari sehingga mempengaruhi pada performa hingga kecepatan renang. Oleh karena itu, berikut ini beberapa kesalahan yang umum dilakukan pemula:

  • Menahan kepala di atas air

Yang pertama adalah kesalahan karena seringkali menahan kepala di atas air. Tak jarang juga jika hal ini sembari dilakukan dengan gerakan kepala yang menengok kanan dan kiri. Biasanya untuk kesalahan seperti ini dilakukan oleh mereka yang sebelumnya berlatih renang di perairan terbuka seperti danau dan sungai. Pada dasarnya ketika berenang posisi kepala sesungguhnya ada di dalam air setiap waktu kecuali saat momen ambil nafas.

  • Pandangan tegak ke depan

Selanjutnya adalah dengan pandangan mata yang terus tegak lurus ke depan ketika renang gaya bebas. Umumnya yang melakukan kesalahan ini juga melakukan kesalahan lain dimana bagian tubuh dan kaki menjadi lebih tenggelam. Ketika renang, posisi tepat adalah menjaga tulang tetap lurus dan sejajar tulang punggung sehingga posisi wajah sebetulnya harusnya ke bawah sehingga bagian tubuh dan kaki tidak tenggelam.

Baca juga di tokolahraga.com tentang apa saja yang mesti di lakukan ketika akan melakukan renang gaya bebas. Baca sekarang juga

  • Menekuk lutut

Kesalahan yang lain adalah lutut yang ditekuk seperti gerakan ketika bersepeda. Memang hal ini reflek dilakukan. Namun karena cara ini, umumnya perenang justru tidak bergerak maju ketika berenang dan lebih banyak diam di tempat. Jika berenang, perenang sesungguhnya berusaha mendapat gaya dorong besar untuk meminimalisir hambatan dari air sehingga sebisa mungkin gerakan tidak boleh sambil menekuk lutut.

  • Mengambil nafas dengan mengangkat kepala

Untuk pemula biasanya kerapkali momen ambil nafas dilakukan sambil angkat kepala dan bahkan sambil melihat ke depan. Memang sebetulnya wajar melakukan hal ini, namun jika dilakukan terus maka akan menghambat performa renang. Gerakan yang benar adalah dengan memutar bagian tubuh atas mulai dari leher, pinggang dan bahu secara bersamaan, bukan hanya leher saja.

Itulah beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh perenang pemula ketika belajar renang gaya bebas. Meski begitu, nantinya seiring dengan kebiasaan berlatih renang, semua kesalahan tersebut akan perlahan bisa Anda sadari sendiri dan dikoreksi secara otomatis namun memang butuh banyak latihan.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply