Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Melakukan Olahraga Renang Gaya Bebas

Berenang merupakan salah satu olahraga yang banyak digemari masyarakat baik dari anak-anak, remaja sampai dengan orang tua sekalipun. Dalam teknik berenang banyak yang bisa dilakukan salah satunya teknik gaya bebas dan teknik kupu-kupu. Berenang dengan teknik bebas banyak yang mengatakan terlihat lebih mudah dari pada gaya lainnya. Tetapi jika dilakukan ternyata tidak semudah yang dilihat, apalagi teknik atau cara berenang yang salah. Bisa jadi baru setengah dari ukuran kolam standar saja bisa langsung melipir karena kelelahan. Pernafasan yang tidak efektif juga dapat menjadi salah satu penyebabnya.

Jika Anda mengalami hal tersebut kemungkinan besar dalam melakukan teknik tersebut ada kesalahan. Berikut ini beberapa kesalahan yang sering dilakukan masyarakat yang menjadi salah satu penyebab mudah lelah, antara lain:

  • Berenang dengan posisi kepala diatas air.

Idealnya untuk gaya atau teknik bebas dalam berenang itu dilakukan dengan posisi kepala yang berada didalam air, kecuali memang waktu tertentu saat mengambil nafas. Karena semakin banyak badan yang berada diatas air semakin banyak pula energi yang Anda butuhkan untuk melakukan gerakan tersebut. Jika Anda terganggu dengan mata yang berada di air sangat disarankan menggunakan kacamata renang untuk merasakan kenyamanan saat berada dalam air sekalipun.

  • Pandangan tegak lurus kedepan.

Secara umum posisi tubuh manusia akan mengikuti struktur tulangnya, makanya jika saat berenang menggunakan gaya bebas pandangan tegak lurus kedepan itu salah. Yang perlu diingat bahwa mengangkat kepala secara otomatis pinggang dan juga kaki akan tenggelam. Selain itu juga menahan kepala menghadap kedepan juga membuat otot leher menjadi mudah lelah.

  • Lutut tertekuk seperti pesepeda.

Terkadang lutut yang tertekuk saat melakukan renang itu merupakan kegiatan yang reflex karena seperti halnya orang berjalan atau bersepeda. Sebenarnya saat berenang dengan teknik bebas kaki berfungsi untuk mendorong gerakan sebisa mungkin, selain itu juga meminimalisir hambatan dari air. Padahal posisi lutut yang tertekuk dapat membuat hambatan yang lebih besar didalam air.

  • Putaran tangan yang tidak diimbangi dengan putaran bahu dan pinggang.

Umumnya teknik bebas dilakukan dengan gerakan yang berpusat pada bagian pinggang, namun kenyataannya sering masyarakat hanya fokus pada pemutaran tangan. Jadi saat melakukan putaran sangat disarankan untuk memutar bagian pinggang dan juga bahu dalam satu gerakan. Hal itu dengan tujuan mendapatkan jangkauan yang maksimal dan juga memudahkan untuk melakukan gerakan tangan.

Nah, itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan teknik berenang. Sebagai pemula tentu yang menjadi kunci utama yaitu pelajaran fisika, bahwa air akan selalu mendorong tubuh manusia untuk kepermukaan. Jadi tenggelam bukanlah hal yang wajar, kecuali memang tenggelam jika Anda tidak melakukan gerakan gaya bebas dengan benar atau gaya tidak perlu didalam air.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply